5 Pemain Muda Chelsea FC, Calon Bintang Masa Depan




Chelsea merupakan salah satu klub sepakbola terbaik dunia. Klub ini punya sejarah yang cukup panjang, namun baru moncer dan dikenal sebagai salah satu kekuatan sepakbola dunia setelah dibeli taipan asal Rusia, Roman Abramovich pada tahun 2003. Sejak diakuisisi Roman, prestasi Chelsea yang tercipta memang ibarat air terjun. Mengalir dengan deras. Pada awal kepemilikannya, sekitar tahun 2003 hingga 2012 klub ini dikenal sering membeli pemain bintang yang sudah jadi. Contohnya: Didier Drogba, Arjen Robben, Michael Ballack, Hernan Crespo, Andry Shevchenko, Nicholas Anelka, hingga Fernando Torres. Namun sekarang pola pembelian pemain sudah tidak seperti dulu. Chelsea lebih suka membeli pemain muda yang dipandang memiliki prospek cerah. Banyak sekali pemain yang dibeli pada 2012 hingga 2015 lalu. Kebanyakan pemain itu, berumur di bawah 22 tahun. Contoh: Oscar, Eden Hazard, Thorgan Hazard, Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, Piazon, Van Ginkel dll. Selain membeli pemain muda, Chelsea juga tidak jarang mulai mengandalkan pemain-pemain akademinya. Perlu diketahui bahwa Akademi Chelsea merupakan salah satu akademi terbaik dunia. Bukti yang paling shahih adalah Akademi Chelsea menjadi juara di UEFA Youth League (turnamen seperti Liga Champions yang diperuntukan untuk tim U-18) selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2015 dan 2016. Saat ini, mimpi Chelsea untuk berjaya di masa depan ada di tangan beberapa pemain muda. Berikut ini adalah pemain-pemain Chelsea dibawah 22 tahun yang dianggap memiliki prospek paling cerah.


1. Kurt Zouma (21 tahun)

Kurt Zouma

          Merupakan seorang pemain yang lahir pada 27 Oktober 1994 di Lyon, Prancis. Zouma sering bermain sebagai central defender. Kelebihan Zouma ada pada kecepatan, akurasi tackling dan duel udara. Saat ini, Zouma telah mendapatkan panggilan dari timnas senior Perancis. Kurt dibeli dari salah satu klub Prancis, Saint Etienne, pada tahun 2013 dengan mahar yang cukup besar, sekitar 12 juta poundsterling. Namun, baru memulai debut kompetitif bersama Chelsea saat melawan Bolton Wanderers pada 24 September 2014. Walau usianya terbilang muda, namun musim ini Zouma menjadi salah satu pilar kekuatan Chelsea. Kemampuannya dalam hal bertahan telah mampu menggeser pemain senior sekelas Garry Cahill. Jumlah penampilannya juga terus meningkat dari musim ke musim. 
        Statistiknya di Chelsea, pada 2014-2015 hanya bermain 15 kali di Premiere League dengan total penampilan di semua kompetisi sejumlah 26 pertandingan. Musim 2015-2016 (sampai bulan Februari 2016) bermain sebanyak 23 kali di BPL membukukan total penampilan di semua ajang sebanyak 32 pertandingan. Saat ini, pemain bernomor punggung 5 ini sedang menderita cedera ACL. Diprediksi harus menepi hingga 6 bulan ke depan. Cedera ini didapatkan saat melawan MU di lanjutan BPL lalu. Walaupun dapat dipastikan jumlah penampilannya di musim ini untuk Chelsea tidak akan bertambah dan kemungkinan besar tidak akan memperkuat Perancis pada Euro 2016 karena Kurt Zouma menderita cedera lutut, saya tetap yakin bahwa Kurt Zouma akan menjadi salah satu bek terbaik dunia di beberapa tahun ke depan. 

2. Ruben Loftus-Cheek (20 tahun)

Ruben Loftus Cheek
          Ruben, merupakan pemain yang sering beroperasi sebagai midfielder, baik attacking maupun central. Sebagai seorang gelandang tengah, ia dikenal memiliki visi, passing, dan speed yang cukup bagus. Selanjutnya, dia lahir di London pada 23 Januari 1996. Pemain ini merupakan salah satu pemain asli akademi Chelsea. Bergabung di Chelsea sejak usia 8 tahun, membuat Loftus-Cheek benar-benar mengetahui seluk beluk Chelsea. Selalu menjadi pemain inti di seluruh tim yunior Chelsea hingga sampai di tim U-21. Juga menjadi salah satu andalan Inggris di tim junior dan akhirnya memperkuat tim U-21 Inggris. Namun, baru memulai debut untuk Chelsea di tim senior, pada 10 Desember 2014 saat menjadi pengganti melawan Sporting Lisbon di ajang Liga Champions. Saat ini, Ruben baru membukukan 12 penampilan, dengan torehan 1 gol bersama Chelsea di semua ajang. Walaupun jumlah penampilan kompetitif di tim senior Chelsea masih sangat sedikit, namun saya yakin Ruben akan menjadi pilar Chelsea bila terus diberi kesempatan untuk bermain. 

3. Bertrand Traore (20 tahun)

Bertrand Traore
           Traore lahir di Burkina Faso pada 6 September 1995. Ia sering bermain sebagai attacking midfielder atau left winger, namun tidak jarang diturunkan sebagai striker tunggal. Salah satu pemain muda kesukaan saya, karena memiliki finishing yang sangat bagus dan kecepatan di atas rata-rata. Pemain ini dinilai sebagai salah satu mutiara Burkina Faso. Sudah memperkuat timnas senior pada usia 15 tahun. Bergabung dari akademi Auxerre ke akademi Chelsea pada 2010 lalu. Namun, dia baru resmi menjadi pemain Chelsea saat menandatangani kontrak pada 1 Januari 2014. Langsung dipinjamkan ke Vitesse Arnhem pada 2 Januari 2014 musim 2013/2014. Dilanjutkan di satu musim selanjutnya, 2015/2016. Bertrand menjadi salah satu andalan Vitesse dengan mencatatkan 51 penampilan di semua ajang dengan torehan 20 gol.
          Setelah memperoleh izin kerja di Inggris pada 22 Juni 2015, dia dipercaya Mourinho menjadi bagian dari skuat Chelsea untuk musim 2015-2016. Namun total baru membukukan 7 penampilan (starter maupun substitutes) bersama Chelsea dengan torehan 2 gol. Satu gol di FA Cup dan satu gol di BPL saat melawan Newcastle United 13/2/2016. Jika diberikan kesempatan sesuai dengan posisinya, saya rasa tidak terlalu membesar-besarkan jika nantinya Traore bisa menjadi salah satu andalan Chelsea dalam beberapa tahun ke depan.

4. Andreas Christensen (20 tahun)

Andreas Christensen
         Christensen lahir pada 10 April 1996 di Denmark. Ia sering bermain sebagai central defender. Bermain di salah satu club Denmark Brondby IF selama 8 tahun sejak 2004 membuat bakatnya tercium klub-klub besar Eropa, salah satunya Chelsea. Lalu, Chelsea berhasil mendapatkan servisnya pada 2012 lalu dengan status free transfer.  Awal kedatangannya di Chelsea, Christensen lebih sering memperkuat Chelsea Reserves (tim U-21 Chelsea). Andreas baru dimasukkan di tim senior pada matchday terakhir di musim 2012/2013 melawan Everton. Ia memulai debutnya di Chelsea pada 28 October 2014 melawan Shrewsbury Town di ajang Capital One Cup dengan tampil 90 menit full sebagai full back kanan. Setelah itu, baru memperkuat Chelsea lagi pada saat kalah melawan Bradford City di ajang FA Cup. Debut di Premiere League dibuat saat melawan Sunderland pada 24 Mei 2015 sebagai pengganti. Walapun karirnya kelihatannya suram  di Chelsea, kisah Christensen mulai manis saat memutuskan bergabung bersama Borussia Monchengladbach dari Chelsea dengan status pinjaman pada musim 2015/2016 untuk periode 2 tahun.
        Di Gladbach, Christensen menjadi pemain andalan dan menjadi salah satu pemain tak tergantikan. Dengan bukuan penampilan sejumlah 17 pertandingan Bundesliga atau 24 pertandingan di semua ajang dengan torehan 2 gol (14 Februari 2016). Christensen memiliki kelebihan dalam membaca crossing atau tendangn sehingga sering melakukan blok-blok penting. Sehingga saya sangat yakin bila Christensen kembali ke Chelsea akan mampu membuat Chelsea semakin kuat. Sungguh menakjubkan apabila Christensen bisa diduetkan dengan Zouma. Duet 2 bek muda terbaik dunia.

5. Dominic Solanke (18 tahun)

Dom Solanke
          Solanke merupakan pemain yang sering beroperasi sebagai seorang striker. Lahir di Inggris pada 14 September 1997, Solanke dididik di Akademi Chelsea. Mendapat gelar sebagai pemain akademi terbaik pada tahun 2014/2015, Solanke lebih sering memperkuat Chelsea Reserves. Ia bersama Ruben dan Christensen menjadi pilar tim Chelsea U-21 yang merebut UEFA Youth League.  Penampilannya sungguh hebat saat mampu menjadi topskor di ajang tersebut dengan torehan 12 goal dari 9 penampilan. Selalu mendapatkan panggilan dari timnas Inggris Yunior di setiap kelompok umur merupakan salah satu bukti betapa menjanjikannya pemain ini. Solanke memulai debut untuk Chelsea di musim 2014/2015 saat melawan Maribor di ajang Liga Champions sebagai pengganti. Hingga sekarang baru satu kali Solanke menjalani pertandingan bersama Chelsea senior.
         Di musim 2015/2016 Solanke memutuskan untuk bergabung berrsama Vitesse Arnhem. Disana ia menjadi salah satu pemain utama dengan mencatatkan 19 pertandingan liga dan torehan 5 gol. Perannya sebagai striker tunggal sekaligus false nine mampu membuat Vitesse bertengger di posisi 5. Kelebihannya ada pada skill dribbling dan finishingnya yang akurat. Bila Solanke terus diberi kesempatan bertanding bukan tidak mungkin jika nantinya Solanke bisa menjadi pemain ulung sekelas Diego Costa.

Di atas adalah daftar dari sekian pemain muda Chelsea yang bakatnya menjanjikan. Selain itu, sebenarrnya banyak pemain Chelsea yang bisa dibilang juga menjanjikan seperti Charlie Musonda Jr, Lewis Baker, Jeremy Boga, Kenedy, Kasey Palmer, Todd Kane, Pasalic, Izzy Brown, Tammy Abraham dan Nathan Ake. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena itu hanya masalah selera saja.
Yang paling penting tetap KTBFFH!!!!!!


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Andreas_Christensen

No comments:

Powered by Blogger.