Tokoh dan Karakter Utama di Trilogi Lord of The Ring

Lord of The Ring (sumber gambar: wikipedia)

Sudah pernah nonton film Lord of The Ring? Pasti sudah kan. Iyalah, film terbaik gitu loh. Hehehe. Jika teman-teman sudah pernah membaca postingan saya mengenai daftar film terbaik, teman-teman bisa melihat bahwa LOTR termasuk salah satu film yang saya recommend kan. Yang belum nonton, yok buru ditonton. Soalnya film ini emang terbaik sih. Ada 3 seri film pada cerita LOTR, makanya LOTR disebut trilogi. Pertama, Fellowship of The Ring. Kedua, Two Towers. Ketiga, Return of The King. Inti ceritanya sih bercerita mengenai seorang hobbit (makhluk kerdil, tapi bukan bangsa dwarf) bernama Frodo yang mengemban amanah untuk memasukkan cincin sakti ke kawah sebuah gunung untuk mencegah kebangkitan Penguasa Kegelapan, Sauron. Tapi, kemudian ada perang antara pihak baik (bangsa peri, manusia, dwarf) melawan bangsa Orc + penghianat Saruman. Ceritanya diper-asyik dengan munculnya pewaris tahta kerajaan manusia, Aragorn.

Sorry ya kalau sinopsis di atas kurang jelas. Karena, saya memang tidak sedang membuat review dari film ini. Saya ingin menyampaikan sebuah hal yang teramat penting tetapi sering dilupakan oleh penonton kebanyakan. Sebelumnya izinkan saya bertanya, menurut anda, siapakah tokoh utama film ini? Frodo? Aragorn? Gandalf? Gimli? Legolas? Kebanyakan sih pasti akan menjawab Frodo, atau kalau tidak Aragorn. Ya nggak? Iyalah. Namun, sayang sekali jawaban anda sedikit kurang tepat. Ada fakta yang mencengangkan nih. Menurut J. R. R. Tolkien, (siapa tuh?) pengarang dari trilogi ini, tokoh utama dari cerita ini adalah Samwise Gamgee. Ha? Siapa tuh? Itu loh yang hobbit gendut yang menemani Frodo terus-terusan. Ini menurut Tolkien sendiri loh ya, bukan menurut saya. Ini ada beberapa quotes yang mebuktikan bahwa Sam merupakan pahlawan yang sebenarnya menurut Tolkien.

It was very kind of you to write. You can imagine my astonishment, when I saw your signature! I can only say, for your comfort I hope, that the 'Sam Gamgee' of my story is a most heroic character, now widely beloved by many readers, even though his origins are rustic. ---- Letter 184 J.R.R Tolkien

My ‘Samwise’ is indeed (as you note) largely a reflexion of the English soldier ...the memory of the privates and my batmen that I knew in the 1914 War, and recognized as so far superior to myself. ― The Letters of J.R.R. Tolkien

[Sam] did not think of himself as heroic or even brave, or in any way admirable – except in his service and loyalty to his master.
-J.R.R. Tolkien, Letter 329.

Kok bisa sih ya Sam yang malah jadi tokoh utama? Yok, mari kita bahas. Sam di cerita ini merupakan seorang hobbit yang bekerja sebagai tukang kebun keluarga Baggins. Karena, ketahuan menguping pembicaraan antara Frodo dan Gandalf, ia diamanahi Gandalf untuk menemani kemanapun Frodo Baggins pergi. Dari yang saya jelaskan barusan, sebenarnya agak aneh apabila kita memilih Sam sebagai karakter utama dari cerita ini. Jadi, mari kita uraikan satu per satu tokoh yang layak menjadi tokoh utama. Berikut ini tokoh dan karakter pada Film Lord of The Ring beserta pemerannya.

-Frodo Baggins (diperankan oleh Elijah Wood)
-Samwise Gamgee (diperankan oleh Sean Astin)
-Gimli (diperankan oleh John Rhys-Davies)
-Legolas (diperankan oleh Orlando Bloom)
-Gandalf (diperankan oleh Ian McKellen)
-Aragorn (diperankan oleh Viggo Mortensen)
-Pippin (diperankan oleh Billy Boyd)
-Merry (diperankan oleh Dominic Monaghan)
-Boromir (diperankan oleh Sean Bean)
-Saruman (diperankan oleh Christopher Lee)

Gimli. Dia sangat berani untuk ukuran seorang dwarf. Tapi sayang penampilannya di trilogi ini terlalu sedikit dan jika harus jujur, cerita ini bukanlah ceritanya..

Legolas. Menurut saya, kedudukan Legolas dan Gimli sama. Walaupun mereka sama-sama luar biasa tapi sekali lagi ini bukan cerita mereka..

Gandalf. Merupakan tokoh yang sangat baik dan bijak. Dia juga heroik. Tetapi, tidak bisa dibilang bahwa dia adalah tokoh utama karena dia tidak memegang peranan penting. Iya, dia memang cukup kuat tetapi peranannya dan penampilannya tidak bisa dibilang banyak.

Aragorn. Tokoh yang sangat heroik. Selalu berjuang keras dan tidak pernah menginginkan jabatan atau apapun. Walau di akhir cerita dia hidup bahagia bersama Arwen dan menjadi pemimpin umat manusia, tapi harus diakui cerita ini tidak sedang menceritakannya. Dia muncul lebih sedikit dibandingkan Frodo. Jika dilihat karakternya, pada awalnya dia takut terhadap takdirnya namun dia baru mulai berani menghadapi takdirnya di sequel terakhir. Selain itu, apabila menonton dari awal, pasti merasa apabila trilogi ini memang tidak menceritakan dia. Jadi, fair rasanya apabila tidak memilih Aragorn sebagai tokoh utama.

Frodo. Banyak orang merasa apabila tokoh utama dari cerita ini adalah dia. Dari awal cerita hingga akhir cerita, Frodo selalu muncul. Peranannya juga sangat penting dalam cerita ini yaitu destroying the ring. Bayangkan saja apabila Frodo gagal mengemban amanahnya, sudah pasti ceritanya tidak akan berakhir seperti yang kita tonton. Tapi, sebaiknya memang harus didefinisikan terlebih dahulu, apa itu tokoh utama. Kalau menurut saya, tokoh utama di cerita ini seharusnya seorang pahlawan paling heroik. Legolas, Gandalf, Gimli, dan Aragorn memang pahlawan, tapi menurut saya bukan mereka yang paling heroik dan sekali lagi ini bukan cerita mengenai mereka. Frodo juga pahlawan yang teramat penting, mau mengemban amanah yang sangat berat, dan cerita ini seakan menceritakan perjalanan Frodo. Frodo rela menderita membawa cincin itu, mencoba menahan tipu muslihat dari cincin itu. Tetapi, sekali lagi menurut saya Frodo bukanlah pahlawan paling heroik. Pahlawan paling heroik bukanlah yang selalu berjuang dengan pedang, dengan kekerasan dan harus selalu menderita. Sebaliknya, pahlawan paling heroik berjuang melalui karakter yang ada pada dirinya. Satu sifat yang seharusnya dimiliki oleh tiap pahlawan adalah kekonsistenan. Frodo tidak memiliki sifat itu. Frodo mudah sekali tergoda dan terpengaruh. Jadi, menurut saya bukan dia tokoh utama dari cerita ini. 

Pippin dan Merry, 2 hobbit ini memang sering muncul, tetapi tidak layak lah disebut tokoh utama. Ya mereka bisa dibilang cuma bumbu saja sih.

Samwise Gamgee
Sekarang hanya tersisa satu orang yang sering muncul dan belum disebut yaitu Samwise Gamgee. Mari kita analisis. Dari segi jumlah penampilannya, Sam hampir sama dengan Frodo. Dari segi peranan, Sam juga sangat esensial bagi keberhasilan misi merusak cincin ini. Tanpa Sam yang selalu menemani, sudah pasti Frodo tidak akan bisa melaksanakan amanah ini. Dari segi karakter, Sam memiliki sifat yang konsisten. Dia sangat setia, tulus dan berusaha selalu membantu Frodo. Karakter ini konsisten dari awal hingga akhir. Walaupun Sam pernah dituduh oleh Frodo dan tidak dipercayai lagi oleh Frodo, tetapi dia tetap setia dan gigih menjalankan amanah yang diberikan oleh Gandalf untuk selalu menemani Frodo. Dialah yang akhirnya menyelamatkan Frodo saat ditawan Orc. Karena pertimbangan itulah saya rasa wajar jika Tolkien memilih Sam sebagai tokoh utama. Dengan postingan ini, menandakan juga bahwa saya setuju dengan Tolkien apabila Sam adalah tokoh utama trilogi ini.

Nilai yang bisa diambil dari mengetahui Sam sebagai tokoh utama adalah membuat kita menyadari bahwa seringkali kita melupakan orang-orang yang berjasa dalam hidup kita. Saat kita memegang amanah yang besar, kadangkala kita lupa bahwa orang-orang yang bekerja di balik layar adalah orang yang sebenarnya berperan penting. Sehingga seringkali kita tidak menghargai mereka, tidak mengapresiasi mereka, padahal merekalah pahlawan sesungguhnya yang setia dan tulus membantu kita tanpa mengharapkan imbalan.

Bagaimana teman-teman? Siapa karakter utama LOTR menurut kamu?

6 comments:

  1. iya saya sih setuju Sam jadi main cast
    ga usah d jelaskan karena penjelasan anda sudah sangat rinci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya mencoba memberikan justifikasi kenapa Sam yg jadi tokoh utama gan

      Delete
  2. Ya, Sam memang terlihat sebagai pahlawan, karena dia adalah Favorit saya sekarang ini. Novel The Hobbit itu tokoh utamanya Bilbo Baggins, tetapi kalau lanjutannya di LOTR itu pasti jelas Sam. Tapi pahlawannya sangat tersembunyi, jadi sulit nemuin karakter sebenarnya. Hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gan, kalau tidak jeli mungkin malah mikir kalau Frodo/Aragon itu tokoh utamanya. Tapi siapapun tokoh utama menurut penonton, yg penting ada pelajaran yg bisa diambil dari film ini hehehehe

      Delete
  3. Frodo..Aragorn..Samwise..
    ketiganya keren..the best in Middle earth

    ReplyDelete
  4. Wormtongue clarifies the feeble purposes of Helm's 123movies Deep to Saruman, a job fit for top of the line films played by Christopher Lee, who readies a multitude of Uruk-hai.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.