Pengalaman Ganti Kartu ATM BNI yang Rusak (Upgrade jadi BNI Taplus dan GPN + Aktivasi Mobile Banking)

Hallo, Gan. Kali ini saya ingin sharing pengalaman saat mengganti kartu ATM saya yang rusak. Jadi suatu hari ATM saya tidak bisa digunakan. Saat mau ambil uang, transaksi saya selalu ditolak. Setelah liat-liat, ternyata baru sadar kalau pita hitam di atm BNI saya sudah agak rusak. Ya sudah karena begitu, ya mau tidak mau saya harus ke bank untuk mengurusnya. Karena saat itu hari Minggu, banyak bank yang tutup di Bandung, yang buka hanya satu-dua. Salah satu bank yang buka di hari Minggu adalah BNI KCP Dago. Sekitar jam 2 siang, saya sampai di bank dengan membawa kartu atm yang rusak, buku tabungan, dan kartu identitas (SIM). Kebetulan memang saya tidak membawa KTP, karena e-KTP saya belum jadi. Saya mengira kalau menggunakan SIM saja cukup. Ternyata setelah bertemu Customer Service (CS), diberikan penjelasan kalau harus memakai KTP. Saya yang sudah jauh-jauh kesana menerjang macet, tentunya tidak mau pulang dengan tangan hampa dong. Saya menjelaskan kalau e-KTP saya belum jadi dan surat keterangan KTP saya hilang. Tapi tetap menurut CS-nya, saya tidak bisa melakukan penggantian ATM. Dengan perasaan kesal, akhirnya saya pulang.

Sesampainya di kos, saya baca-baca lagi tentang persyaratan penggantian ATM di web BNI dan ternyata kartu identitas yang bisa dipakai untuk mengganti ATM, tidak hanya KTP. Sumbernya bisa dibaca disini (http://www.bni.co.id/id-id/personal/kartudebit/kartudebitbnibaru). Jadi apabila teman-teman menghadapi persoalan sama seperti saya yaitu ditolak oleh CS karena tidak bawa KTP, jangan berkecil hati. Selain KTP, kamu bisa pakai SIM/PASPOR. Mohon untuk CS BNI dimanapun berada dibaca ya aturannya. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan lagi seperti saya.

Syarat yang harus dibawa untuk mengganti kartu ATM BNI antara lain:
1. Identitas diri (KTP/SIM/Paspor) asli
2. Buku tabungan asli
3. Kartu ATM BNI lama (jika hilang, maka wajib membawa surat kehilangan kartu dari polisi)
Jika kamu sudah membawa persyaratan di atas, maka ganti kartu atm bisa dilakukan di cabang manapun (bisa di cabang lain, bukan hanya cabang tempat anda membuka rekening).

Baca juga: Cara Daftar Rekening Saham di BNI Sekuritas Full Online

Keesokan harinya, saya menuju ke BNI KCP LIPI Bandung yang dekat dengan kos saya untuk melakukan penggantian ATM. Dengan dibekali ilmu yang didapat kemarin, saya pun siap untuk berhadapan dengan CS BNI. Saya membawa SIM, buku tabungan, dan kartu ATM yang rusak (serta PASPOR untuk jaga-jaga kalau SIM ditolak juga). Alhamdulillah, kali ini CS-nya lebih pandai. Tanpa berdebat, dia mau menerima permohonan penggantian ATM saya. Ya memang harusnya begitu sih hehehe. Lalu mbak CS menyuruh saya untuk mengisi formulir permintaan penggantian ATM. Kemudian, saya ditanyai ingin upgrade ke BNI Taplus atau tidak. Sebelumnya, saya hanya pengguna BNI Taplus Muda. Setelah memikirkan akhirnya saya putuskan untuk ganti ke BNI Taplus, karena kata CS setelah umur 25 tahun BNI Taplus Muda tidak bisa digunakan (update: di web resmi BNI, sepertinya batas usia pengguna BNI Taplus Muda sudah dinaikkan menjadi umur 35 tahun). Biaya ganti buku tabungan (upgrade) dari BNI Taplus Muda ke BNI Taplus adalah GRATIS. Keuntungan menggunakan BNI Taplus adalah bunga bank yang sedikit lebih besar dan limit transaksi yang lebih besar. Namun, biaya bulanan pengelolaan tabungan jadi naik menjadi Rp 11.000 dari yang awalnya hanya Rp 5.000. Selain itu, juga ada biaya bulanan pengelolaan kartu sebesar Rp 4.000 (untuk GPN Debitcard). Jadi, total biaya administrasi bulanan setelah upgrade ke BNI Taplus-GPN adalah Rp 15.000 (bandingkan dengan biaya administrasi BNI Taplus Muda yang hanya Rp 5.000). Ketentuan saldo di rekening BNI Taplus juga berbeda dengan BNI Taplus Muda. Berikut ketentuan saldo untuk rekening BNI Taplus:
- Saldo mengendap : Rp 15.000,-
- Saldo minimal : Rp 150.000,-
Uang masih bisa ditarik dari rekening hingga di bawah saldo minimal, asalkan masih di atas saldo mengendap. Akan ada denda apabila saldo di bawah saldo minimal. Terkait kapan dan bagaimana pengenaan denda, saya kurang tahu.

Setelah upgrade ke BNI Taplus, barulah kartu ATM saya yang diurus. Biaya ganti kartu ATM normal adalah Rp 25.000. Lalu, saya yang sudah dengar isu tentang GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) mencoba bertanya pada CS. Setelah menerima sedikit penjelasan, akhirnya saya putuskan untuk mengganti kartu ATM saya menjadi kartu ATM GPN. Yang belum tahu tentang GPN, jadi GPN merupakan salah satu merchant yang memegang jasa untuk transfer. Yang sering digunakan adalah Mastercard dan VISA. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan AS, sedangkan GPN sendiri merupakan produk dalam negeri. Menurut CS, keuntungan menggunakan GPN adalah biaya transfer antar bank yang lebih murah menjadi Rp 4.000 (biasanya sekitar Rp 6.500). Kerugiannya adalah kartu GPN tidak bisa digunakan di luar negeri atau transaksi yang mengharuskan menggunakan VISA/Mastercard. Biaya penggantian kartu ATM menjadi kartu ATM GPN adalah GRATIS (tidak jadi bayar 25.000 rupiah). Nggak sampai 15 menit, saya sudah punya buku tabungan dan kartu ATM baru.

Penampakan kartu ATM BNI Taplus baru (ada logo GPN)

Jenis-jenis kartu ATM BNI Taplus (debit card), antara lain:
1. Kartu Debit Silver
menggunakan payment gateway Visa dan Mastercard. Biaya pengelolaan kartu per bulan sebesar Rp 4.000,-
2. Kartu Debit Gold
menggunakan payment gateway Visa dan Mastercard. Biaya pengelolaan kartu per bulan sebesar Rp 7.500,-
3. Kartu Debit Platinum
menggunakan payment gateway Visa dan Mastercard. Biaya pengelolaan kartu per bulan sebesar Rp 10.00,-
4. Kartu Debit GPN
menggunakan payment gateway GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Biaya pengelolaan kartu per bulan sebesar Rp 4.000,-

Biaya Pengelolaan Kartu Debit BNI Taplus

Limit transaksi per hari untuk rekening BNI Taplus berdasarkan jenis kartu ATM sebagai berikut:
Tarik Tunai
-Silver: Rp 5.000.000,-
-Gold: Rp 10.000.000,-
-Platinum: Rp 10.000.000,-

Transfer antar BNI
-Silver: Rp 50.000.000,-
-Gold: Rp 100.000.000,-
-Platinum: Rp 100.000.000,-

Transfer antar bank
-Silver: Rp 10.000.000,-
-Gold: Rp 15.000.000,-
-Platinum: Rp 25.000.000,-

Selanjutnya, karena saya makin banyak aktivitas yang berkaitan dengan transfer uang (investasi emasreksadana, saham, top up e-wallet, dll), tentu saja saya tidak bisa sering-sering ke ATM. Maka saya putuskan untuk aktivasi mobile banking. Disana saya disuruh mengisi formulir, mendaftarkan e-mail, nomor hp, dan membuat user ID. Setelah mendapat user ID, saya bisa pulang dan melakukan aktivasinya sendiri. Cara aktivasinya pun tidak susah, masukkan user ID dan nomor kartu ATM lalu tunggu password OTP lalu buat MPIN dan password transaksi. Mobile banking kamu pun sudah aktif. (PERHATIAN!! Untuk aktivasi, kamu harus menjadikan nomor yang didaftarkan tadi sebagai SIM 1 apabila hp kamu dual sim. Selain itu, nomor inilah yang harus aktif sebagai koneksi internet kamu. Tenang, untuk pemakaian selanjutnya koneksi internet bisa pakai apa saja. Khusus aktivasi saja persyaratannya begitu.)

UPDATE: Cara Aktivasi Mobile Banking BNI Tanpa ke Kantor Cabang (Full Online)

Jadi seperti itulah yang bisa saya bagikan terkait dengan pengalaman ganti ATM yang rusak. Lumayan lah ya. Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Niatnya cuma ganti atm yang rusak malah jadi upgrade ke BNI Taplus, ganti ke ATM GPN, dan aktivasi mobile banking BNI. Semoga bermanfaat yaaa!!

50 comments:

  1. Apa selalu ditolak mksudnya gmna gan? pas masukin pin udah gabisa atau bisa masukin pin tapi tarik tunai di tolak ya? Ditunggu jawabanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu saya setelah masukkan pin, ada tulisan transaksi ditolak

      Delete
  2. Sangat ber faedah gan terimakasih

    ReplyDelete
  3. Kalo upgrade dari taplus muda ke taplus nomor rekening ikut ganti ngga si ya?

    ReplyDelete
  4. jadi upgrade ke Taplus bisa ya kalo ga di tempat pas buka rekening Taplus mudanya? Ga ditanya npwp kan ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok bro. Ditanya npwp, tapi misal belum punya ya ga wajib

      Delete
  5. ohya bro, tdi saya ada baca di artikel stlah umur 25 tahun tdk bisa digunakan lagi untuk bni taplus muda.. apakah betul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut CS dulu begitu Bro. Sempat bacabaca juga di web resmi bni memang saat umur 25 akan auto gak aktif. Tapi kemarin saya caricari di web kyknya sudah berubah jadi maksimal umur 35 tahun. Wallahualam

      Delete
  6. Kalo konversi dari taplus ke taplus muda itu rekomended ga si ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau bisa apa nggaknya sih. Intinya cuma beda di beberapa fitur aja kyk maksimal transfer per hari, maksimal penarikan, suku bunga

      Delete
  7. bang kalo bni taplus saldo minimal beneran 150ribu atau 15ribu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku saldo minimum 150k, tapi saldo mengendapnya 15k. Jadi misal mau ambil duit bisa sampai di bawah 150k, tapi dikenakan denda. Utk lebih pastinya bisa ditanyakan ke CS BNI. CMIIW

      Delete
  8. bro kalo dana minimum di BNI Taplus 150ribu ato 15ribu soalnya yg saya baca 150ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku saldo minimum 150k, tapi saldo mengendapnya 15k. Jadi misal mau ambil duit bisa sampai di bawah 150k, tapi dikenakan denda. Utk lebih pastinya bisa ditanyakan ke CS BNI. CMIIW

      Delete
  9. Kalo dari bni taplus ke bni taplus muda bisa gak ya???

    ReplyDelete
  10. Bni taplus kl masukin ke atm gpn yg ada chipnya di depankah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih sama kyk yg lama kok, kan yg sekarang juga masih ada pita magneticnya. Cuma yg skrg dilengkapi chip saja, utk teknolgi EDC.

      Delete
  11. Kenapa mau diganti yg berlogo GPN? Kelemahan nggak cuma nggak bisa dipake di LN, nggak bisa dipake transaksi online juga.. Contoh: mau hubungkan kartu di aplikasi DANA, itukan harus pake kartu Mastercard..
    Meskipun udah GPN, biaya admin Transfer antar Bank Tetep sama kok Rp6500 menurut pengalaman saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kartu yg mastercard+visa, saya udah ada BTPN Jenius bro. Jadi sepemikiran saya, buat rekening investasi pake kartu GPN gpp.


      Iya bener, biaya transfer masih 6500. Saya diomongin CS biaya transfer 4000. Semoga aja di masa depan beneran turun ke 4000. Kalo nggak turun, saya ketipu omongan CS berarti ini 😅

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Limit penarikan DEBIT GPN berapa gan

    ReplyDelete
  14. Jadi bang, kan syaa pake BNI Taplus nih. Terus saldo minimumnya 150k, mengendap 15k. Saya masih kurang paham si sebenarnya soalnya tidak dijelaskan sama vs nya. Misalnya, saldo saya sisa 150. Saya mau narik 50 gitu bisa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw, uang bisa ditarik sampai saldo mengendap bro. Gw inget banget saldo di BNI Taplus pernah under 150k. Setau gw juga ada dendanya misal saldo di bawah 150K. Tapi, gw kurang tau penerapan dendanya kapan, apakah menunggu akhir bulan atau gimana. Makanya pas saldo gw under 150K, buru-buru gw isi lagi (selang 1-2 hari).

      Delete
  15. Saya pakai BNI platinum saya bisa nggk ya ganti di BNI Taplus muda karena biaya potongan nya biar ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo downgrade saya kurang paham bro. Coba aja tanyakan ke kantor cabang terdekat

      Delete
  16. Gan kartu atm saya patah, saya bni taplus muda, mau ke bank bni tapi ga dapet buku tabungan yg bni taplus muda, jadi bawa kartus yg rusak sama passport bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg sekarang, bni taplus muda ga dapet buku tabungan ya? Dulu tahun 2013-an saya bikin rekening bni taplus muda masih dapet buku tabungan gan. Kalo gadapet buku tabungan, ya persiapkan identitas + kartu atm yg patah aja gan

      Delete
  17. Bang, mau tanya. bagaimana dengan biaya mengendap 50ribu di taplus muda? Apakah di jadiin saldo di bni taplus atau di tarik bank? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud pertanyaan ente itu, kalo upgrade ke bni taplus, saldo mengendap di bni taplus muda kemana kan? Uang tetap akan ada di rekening kita kok gan. Proses upgrade tidak akan mengurangi saldo

      Delete
  18. Mau nanya kalo mau ganti atm yang rusak, tpi buku tabungannya hilang gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya perlu ngurus dulu ke kantor polisi gan. Bikin surat kehilangan buku tabungan

      Delete
  19. Klo upgrade dari tablus ke taplus bisnis ada ga???

    ReplyDelete
  20. Bang bni tabunganku di upgrade ke bni tplus muda bisa kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau gan. Tapi kyknya gabisa karena rekening jenis Tabunganku itu rekening khusus (program BI)

      Delete
  21. Sya mau bertanya apakah memperkaiki atm BNI yg kadaluarsa mmemang harus di bayar Rp, 100.000

    ReplyDelete
  22. Apakah bisa pake sim untuk mengurus atm bni taplus y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Saya pakai SIM karena waktu itu e-KTP belum jadi

      Delete
  23. halo kak aku mau nanya, pas dulu kaka upgrade buku tabungan syaratnya itu apa aja? terus ngisi formulir upgrade tabungan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yg sudah dituliskan di atas, syaratnya antara lain: identitas diri (ktp/SIM/Paspor), buku tabungan, kartu ATM lama.

      Iya, ada pengisian formulir pembuatan rekening BNI Taplus

      Delete
  24. Halo kak saya mau tanya ini saya sudah berumur 18 dan saya punya rekening bni taplus anak itu bisa di upgrade langsung ke bni taplus bisa ga? Jadi ngga usah ke taplus muda dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw bisa. Tapi kalo boleh saran, upgrade aja ke bni taplus muda dulu karena biaya admin yg lebih kecil (hanya 5k per bulan), ya walaupun limit transaksi jadi lebih kecil. Intinya, upgrade sesuai kebutuhan saja

      Delete
  25. Halo kak, klo dri bni taplus gold diganti ke silver bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ane, downgrade/upgrade semua jenis rekening atau kartu ATM bisa-bisa aja gan. Palingan cuma perlu bayar biaya admin. Yg gabisa itu kalo ganti currency tabungan (misal ganti rupiah ke valas).

      Delete
  26. saya punya taplus muda magnetic strip tpi masih aktif. kalau ganti ke taplus muda chip bisa gak? Kira2 biayanya gratis atau 25ribu.trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan. Tergantung sih, kalo gantinya ke kartu atm yg GPN, biasanya gratis. Tapi kalo ganti ke yg Mastercard/Visa, biasanya bayar 25k

      Delete

Powered by Blogger.