Pengalaman Membeli SBR005 dengan Mobile Banking BNI

Hi, Ganz. Kali ini saya ingin sharing tentang cara pembelian SBR-005 yang baru saja saya lakukan. Jadi, pemerintah dalam hal ini melalui Kemenkeu telah membuka penawaran obligasi ritel berjenis SBR-005 dari tanggal 10 Januari 2019 hingga 24 Januari 2019. Saya yang tidak mau melewatkannya, akhirnya berusaha untuk membeli pada hari pertama. Berikut ini infografis kenapa teman-teman harus membeli SBR-005:

Bagi teman-teman yang tidak mau repot, instrumen investasi ini bisa jadi solusi. Karena kebetulan jenis SBN ini bisa dibeli dengan online (mobile/internet banking), jadi kita tidak perlu repot-repot ke Bank lagi. Tapi tentunya dengan syarat, teman-teman sudah memiliki SID dan Rekening Efek ya. Apabila teman-teman belum punya, bisa baca tulisan saya sebelumnya yang membahas pembuatan SID dan Rekening Efek di Pengalaman Membeli SBR-004

Bagi teman-teman yang sudah punya mobile banking, sudah pernah daftar SID dan Rekening Efek, tapi masih bingung cara membeli SBR-005 bisa banget simak tata cara pembelian berikut ya (utk mobile banking BNI):

1. Masuk ke Menu SBN
Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah masuk ke Menu SBN. Untuk mobile banking BNI, menu SBN ada di Menu INVESTASI. Klik saja menu INVESTASI (Gambar 1), Klik SBN Ritel, dan SETUJUI ketentuannya, sehingga anda akan masuk ke Menu SBN Ritel (seperti pada Gambar 2). Tampilannya seperti berikut:
Gambar 1
Gambar 2
2. Melakukan Pemesanan
Setelah masuk ke menu SBN RITEL, selanjutnya anda klik PEMESANAN. Disitu anda akan menjumpai SERI YANG DITAWARKAN (seperti di Gambar 3), pilih SBR005, lalu Klik Lanjut.

Gambar 3
Lalu anda akan diarahkan ke INFORMASI SBR005 (tampilannya seperti gambar 4), Klik Setuju, dan Klik Submit.
Gambar 4
Selanjutnya, anda akan masuk ke Input NOMINAL (seperti gambar 5). Masukkan nominal yang ingin diinvestasikan ke SBR005 (min 1 juta, max 3 milliar, kelipatan 1 juta). Selanjutnya, klik Lanjut.

Gambar 5
Lalu anda akan masuk ke Menu VALIDASI (seperti Gambar 6). Masukkan Password Transaksi anda, lalu klik Lanjut. Setelah itu akan muncul pemberitahuan pemesanan anda berhasil (Gambar 7) dan akan ada e-mail masuk tentang kode billing pemesanan SBR005 (Gambar 8). Catat atau copy kode billing tersebut.
Gambar 6

Gambar 7

Gambar 8

3. Melakukan Pembelian
Setelah mendapatkan kode Billing, Anda harus masuk Ke Menu SBN RITEL lagi (seperti Gambar 2), lalu Klik PEMBAYARAN sehingga muncul tampilan seperti Gambar 9. Masukkan KODE BILLING, lalu klik Lanjut.
Gambar 9
Setelah itu masukkan password transaksi dan klik Lanjut. Apabila sudah selsai, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pembayaran berhasil (seperti Gambar 10) dan juga e-mail berisi NTPN (seperti Gambar 11). Artinya, anda telah berhasil membeli SBR 005.
Gambar 10


Gambar 11
Silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar, apabila masih bingung! Selamat Membeli!

12 comments:

  1. Mas,
    Dulu saat beli sbr004, berapa hari mendapat konfirmasi kepemilikan sbr004 setelah tgl setelmen.
    Saya beli sbr005 sampe tgl 11 feb kok belum dpt konfirmasi.
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada konfirmasi memang Gan. Bukti pembayaran, sudah bisa jadi bukti kepemilikan. Saya juga sedang menanti kupon pertama SBR-005 Gan. Kalau tgl 10 Feb tidak keluar, berarti bulan depan tgl 10 Maret baru keluar

      Delete
  2. Saya lewat bni jg.
    Tapi sdh lbh 1 minggu belum dpt konfirmasi.
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirmasi maksudnya apa ya? Kalau konfirmasi bukti kepemilikan, bukti pembayaran sudah bisa jadi bukti kepemilikan Gan. Di seri sebelum-sebelumnya juga gak ada konfirmasi kok. Asal udah dapet NTPN berarti sudah resmi memiliki obligasinya. Kupon pertama kalo tidak salah harusnya tgl 10 Feb. Kalau belum dibagikan bulan ini berarti bulan depan baru keluar. Thanks

      Delete
  3. Klo berdasar memo kemenkeu ada konfirmasi kepemilikan sbr005 paling lambat tgl 14 feb.
    Klo bca infonya 10 hari setelah setelmen.
    Ada jg yg 7 hari setelah setelmen.

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya yg kudet atau gimana ya haha. Saya kan juga beli seri SBR-004 lewat BNI tapi tidak ada memo/bukti kepemilikan. Setahu saya bukti pembayaran sudah bisa jadi bukti kepemilikan. Gatau hanya di BNI yg begini atau di mitra distribusi lain. Intinya jgn khawatir kalau udah dapet NTPN Gan

      Delete
  4. Memo ini bentuk pdf ada contohnya jg.
    Trims

    ReplyDelete
  5. Klo ntpn saya jg sdh dpt.
    Cuma klo baca memo kemenkeu seharusnya jg ada konfirmasi kepemilikan sbr setelah setelmen.
    Ada batas waktu lg.
    Isi konfirmasi mencantumkan alamat pemilik.
    Saya sdh terlanjur lewat bni, lumayan besar lg.
    Smoga ga ada masalah sampe pencairan nanti.

    Trims

    ReplyDelete
  6. Saya sdh ngomong ke cs bni jg.
    Saya batal beli st003 karena sbr005 blom beres.
    Nunggu beres, untuk lanjut beli lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar ya beli SBN pertama secara online pasti khawatir. Saya juga dulu begitu Gan. Kok gak dapet apa-apa. Tapi setelah saya baca-baca ya memang gak selalu ada konfirmasi kepemilikan. Tergantung mitra distribusi. Kalo BNI, bukti bahwa SBN sudah resmi milik kita, dicek saja di menu INVESTASI, lalu tab PORTOFOLIO (di mobile banking). Kalau udah tercantum ya berarti udah resmi punya Agan. Jangan khawatir Gan, BNI gak akan menipu kok

      Delete
    2. Maksudku menu INVESTASI, tab INFORMASI, tab PORTFOLIO

      Delete
  7. Trims nasehat dan petunjuknya.
    Iya seh memang agak kwawatir.
    Karena ga sesuai memo kemenkeu yg tertulis jelas dan ada batas waktunya.
    Ya kedepannya saya coba lewat bca aja.
    Dan memastikan sebelum beli tanya dulu.

    Trims ya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.