Mengenal Cash Flow (Arus Kas) dan Net Worth (Kekayaan Bersih)

Hallo, Gans. Setelah mempelajari pemasukan-pengeluaran dan asset-liabilities di postingan sebelumnya, maka selanjutnya kita akan membahas tentang Cash Flow dan Net Worth. Dua parameter ini akan menjadi penting karena inilah parameter yang akan mendefinisikan financial freedom. Oke, mari kita bahas satu per satu.

1. CASH FLOW (Arus Kas)
Adalah aliran uang (pemasukan dan pengeluaran) selama periode tertentu. Secara sederhana, cash flow bisa menggambarkan behavior (perilaku) kita terhadap uang. Saya merumuskan Cash Flow menjadi seperti ini:



Dari rumus di atas dapat disimpulkan bahwa apabila Cash Flow:
a. Negatif : Pengeluaran > Pemasukan (Orang Boros)
b. Positif : Pengeluaran < Pemasukan (Orang Hemat)
d. Nol: Pengeluaran = Pemasukan

Berikut ini merupakan contoh tabel cash flow bulanan Mbak Fina:
Maka, cash flow bulanan Mbak Fina       
= 11.000.000 - 3.540.000
= (+) 7.460.000 

Untuk mencapai financial freedom tentunya kondisi yang diharapkan adalah selalu memiliki cash flow positif. Cash flow positif menandakan keuangan kita sehat, tidak memiliki banyak hutang untuk memenuhi pengeluaran dan juga masih punya sisa uang untuk menabung dan berinvestasi.

2. NET WORTH (Kekayaan Bersih)
Adalah ukuran kekayaan seseorang. Secara matematis, didefinisikan sebagai:
Untuk menghitung seberapa kayanya kita, bisa dilakukan dengan mulai mendaftar semua jenis asset yang kita miliki, lalu menuliskan juga beban yang dimiliki. Setelah itu tinggal menjumlahkan dan mengurangi.
Ini merupakan salah satu contoh tabel aset dan beban Mbak Fina:
Dari situ bisa dihitung bahwa sebenarnya kekayaan bersih Mbak Fina adalah sebesar Rp 110,000,000.

Apa saja yang mempengaruhi Net Worth? Jawabannya adalah cash flow. Cash flow sendiri terdiri dari:
1. Income (Pendapatan). Pendapatan jelas akan mempengaruhi besarnya Net Worth. Makin besar pendapatan maka seharusnya makin besar pula Net Worth. Jadi, untuk memperbesar Net Worth maka perbesar pula pendapatan.
2. Expenses (Pengeluaran). Pengeluaran juga akan mempengaruhi besarnya net worth. Apabila lifestyle kita suka bersenang-senang, walaupun pendapatan kita sangat besar, maka bukan tidak mungkin Net Worth kita stagnan atau bahkan mengecil. Sikap yang tepat untuk meningkatkan kekayaan bersih adalah dengan mengurangi pengeluaran hal-hal yang tidak terlalu penting dan mulai menyisihkan uang yang dimiliki ke aset produktif  agar income juga ikut bertambah.

Your Lifestyle Defines Your Net Worth

No comments:

Powered by Blogger.