Expenses (Pengeluaran) dan Income (Pendapatan)



Setelah mendefinisikan tentang kebebasan finansial (financial freedom), kita akan beranjak ke materi financial literacy yang paling sederhana yaitu pendapatan dan pemasukan. Check this out!!

1. Expenses (Pengeluaran)
adalah segala sesuatu yang menyebabkan uang keluar dari dompet/akun bank/tabungan kita. Menurut bentuknya, pengeluaran bisa dibagi ke dalam beberapa tipe:
a. Fixed Expenses (Pengeluaran Tetap)
yaitu pengeluaran yang harus dikeluarkan secara periodik, biasanya dalam jumlah yang tetap dan sifatnya tidak bisa diganggu gugat. Contohnya: bayar sewa/kontrak, langganan wifi, langganan telepon, cicilan rumah/mobil, dll.

b. Variable Expenses (Pengeluaran Variabel)
yaitu pengeluaran dalam jumlah dan periode yang berubah-ubah, serta sifatnya bisa diganggu gugat atau diubah. Artinya, pengeluaran ini bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Contoh: biaya makan, listrik, gas, pulsa, dll.

c. Non-essential Expenses (Pengeluaran Bukan Kebutuhan)
yaitu pengeluaran yang sifatnya bukan kebutuhan yang mendesak dan bersifat pleasure saja. Contoh: rekreasi, hiburan, dll.

2. Income (Pemasukan)
adalah segala sesuatu yang menambah uang kita. Menurut cara memperolehnya, pemasukan bisa dibagi ke dalam beberapa tipe:


a. Active Income
adalah pemasukan yang berasal dari pekerjaan. Kerugian active income adalah ketika kita sudah tidak bekerja lagi, maka uang juga akan berhenti mengalir. Contohnya: gaji, bonus, tunjangan, keuntungan dll.

b. Passive Income
adalah pemasukan yang secara periodik diterima tanpa bekerja reguler. Artinya, tanpa bekerja aktif, pemasukan ini terus mengalir. Contohnya: royalti, penyewaan, deposit, usaha sampingan yg tidak dikelola sendiri, dividen saham, dll.

c. Portfolio Income
adalah pemasukan yang didapatkan dari selisih harga penjualan dan pembelian (capital gains).  Misalkan anda membeli tanah seharga 100jt, lalu anda jual setelah 5 tahun dengan harga 200jt, maka anda telah memperoleh portfolio income sebesar 100jt. Contoh-contohnya: keuntungan penjualan saham, reksadana, penjualan properti, dll.

No comments:

Powered by Blogger.