Keunggulan SBR (Savings Bond Ritel) - ST (Sukuk Tabungan)


Hallo, Gans. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya tentang obligasi negara, bahwa sebenarnya ada beberapa jenis obligasi atau surat utang yang bisa dibeli secara perorangan dengan modal sedikit, antara lain ORI (Obligasi Ritel Negara), SR(Sukuk Ritel), SBR (Saving Bonds Ritel), dan ST (Sukuk Tabungan). Berdasarkan fasilitas, saya membagi obligasi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama: ORI dan SR. Kelompok kedua: SBR dan ST. Sehingga apabila kita membahas tentang fasilitas SBR dan ST, ya sebenarnya tidak berbeda jauh. Bahkan bisa dibilang sama. Cuma satu hal yang membedakan antara SBR dan ST yaitu sifatnya. Kalau SBR bersifat konvensional, sedangkan ST bersifat syariah. Apa saja fasilitas SBR dan ST? Check this out!

1. Bisa dibeli Online
Berbeda dengan ORI dan SR, SBR dan ST bisa dibeli dengan mudah secara online. Kamu tidak perlu repot-repot datang ke bank untuk membeli jenis obligasi ini. Syaratnya, kamu sudah memiliki SID (Single Investor Identification) dan Sub-registry (Rekening Efek). Kalau anda belum punya, silakan anda datang ke bank terlebih dahulu ya. Mitra penjualan obligasi SBR dan ST bisa dibilang cukup banyak, bahkan ada lembaga yang di luar bank, seperti: investree, bareksa, tanamduit, dll. Inilah yang membedakannya dengan ORI & SR.

2. Kupon memiliki bunga bersifat Floating with floor
Menurut saya, inilah kelebihan terbesar dari SBR dan ST. Berbeda dengan ORI dan SR yang memiliki bunga bersifat tetap, SBR dan ST memiliki mekanisme bunga tersendiri. Mekanisme ini disebut Floating with Floor (Mengambang dengan dasar). Jadi, pada awal penjualan akan disebutkan terlebih dahulu bunga dasarnya (floor). Nah inilah yang akan jadi patokan. Seperti yang kita ketahui bahwa bunga obligasi salah satunya dipengaruhi oleh BI 7-Day Repo Rate (suku bunga BI). Jadi, apabila suku bunga naik, bunga yang anda terima akan lebih besar. Tetapi tidak berlaku sebaliknya. Apabila suku bunga turun, bunga yang anda terima akan tetap sesuai dengan bunga floor.

Contoh: SBR-005 memiliki bunga floor 8.15%. Ini terdiri atas suku bunga BI 6% dan spread 2.15%. Jika misalkan suku bunga BI naik menjadi 6.5%, maka bunga SBR-005 akan berubah menjadi 8.65%. Tetapi, jika misalkan suku bunga BI turun menjadi 5%, maka bunga SBR-005 tidak turun menjadi 7.15%, melainkan tetap di angka 8.15%.

3. Early Redemption (Pencairan Lebih Awal)
Bagi teman-teman yang agak khawatir dengan likuiditasnya karena uang tidak bisa diambil selama tenor, ada fasilitas terbaru dari SBR dan ST yaitu Early Redemption. Dengan fasilitas ini, teman-teman bisa mencairkan uang sebesar 50% dari jumlah yang pembelian. Misal kamu membeli obligasi 10 juta, kamu bisa mencairkan uang hingga sebesar 5 juta. Masa early redemption biasanya adalah 1 tahun setelah obligasi berjalan.

No comments:

Powered by Blogger.