Review Flip : Aplikasi Penghemat Biaya Transfer (Gratis Transfer antar Bank)

Hallo, Gans. Sering gak sih kamu transfer antar bank dan harus merelakan biaya sekitar 6.500 dipotong begitu saja? Kalau sesekali sih tidak apa-apa, tapi kalau frekuensinya sering hingga 10 kali transfer/bulan? Lumayan juga kan ya. Secara hitung-hitungan kasar, biaya transfer 6.500 itu sama saja kupon bunga sebulan apabila kamu berinvestasi sekitar 1,5jt di obligasi dengan bunga 8%. Lumayan banget kan ya. Jadi, penghematan biaya transfer harus dilakukan Bro Sis. Jangan sampai uang yang kita hasilkan susah payah terbuang dengan sia-sia. Oleh karena itu, kali ini saya akan sharing tentang salah satu aplikasi di smartphone untuk menghemat biaya transfer antar bank. Aplikasi itu bernama Flip.


Flip merupakan aplikasi smartphone untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. Saat ini aplikasi Flip telah tersedia di Android dan iOS. Apakah aplikasi Flip aman? Berdasarkan pengalaman saya yang sudah berkali-kali menggunakan aplikasi ini, Flip bisa dibilang aman dan terpercaya. Selain itu, aplikasi ini telah mendapatkan lisensi dari BI. Jadi, kamu tidak usah takut menggunakan Flip ya Bro Sis.
Tampilan Aplikasi Flip (sudah menghemat hampir 100 ribuan :) )

Untuk saat ini, ada beberapa bank yang sudah masuk dalam layanan Flip, antara lain:
1. BNI/BNI Syariah
2. Mandiri/Mandiri Syariah
3. BCA
4. BRI
5. Bank Muamalat
6. Bank CIMB Niaga
7. BTPN

Untuk di luar bank-bank di atas, saat ini belum bisa ya. Kalau transfer antar bank diatas, dijamin free alias gratis. Oh iya, untuk memulai menggunakan Flip, kamu harus melakukan verifikasi identitas ya. Skema pemakaian Flip untuk transfer seperti ini: 
a. Membuat request transfer di Flip
b. Kirim nominal sesuai request ke Rekening Flip dari Rekeningmu
c. Konfirmasi transfer di Flip
d. Menunggu dan antri
e. Transfer selesai.

Menurut saya, Flip sudah sangat membantu saya untuk melakukan transfer antar bank selama ini. Walaupun skema pemakaian Flip sedikit perlu effort, tapi menurut saya ini cukup sepadan dengan hasilnya. Kalau boleh jujur, mungkin kekurangan Flip hanya pada jam layanan dan antrian. Flip tidak bisa melayani selama 24/7. Tapi hanya hari Senin-Sabtu, itu juga hanya pada jam kerja. Selain itu, untuk beberapa bank terkadang antreannya sangat panjang jadi harus menunggu beberapa lama untuk pemrosesan transfer. Semoga di masa mendatang permasalahan ini bisa diperbaiki. Tapi jangan takut apabila kamu tidak mau menunggu, ada fitur transfer prioritas. Selamat menggunakan Flip!

No comments:

Powered by Blogger.