Review BTPN Jenius: Bank Digital Gratis Transfer



Hallo, Gans. Kali ini saya akan mencoba me-review salah satu produk bank yang bisa dibilang sangat legit. Mengapa saya katakan legit sehingga harus dimiliki oleh semua orang? Karena, produk bank ini bebas segala biaya, dari transfer hingga administrasi. Bank apakah itu? Nama banknya adalah BTPN JENIUS. BTPN Jenius bisa dibilang merupakan salah satu produk/layanan yang dimiliki oleh BTPN (Bank Tabungan Pensiun Nasional) yang berbasiskan di smartphone. Jadi, semua layanan perbankan di BTPN Jenius ini bisa diatur dari ponsel pintar kita. Mau transfer, mau top up e-wallet, mau nabung, mau deposito, semua bisa dilakukan secara mudah dan instant. Lalu, apa perbedaanya dengan fitur mobile banking yang dimiliki oleh Bank Konvensional? Banyak sekali. Yuk Mari kita ulas keunggulan dari BTPN Jenius sehingga membedakannya dari Bank Konvensional…

1. BTPN Jenius hampir 100% digital
Saat pertama kali membuat akun di BTPN Jenius, saya mengira awalnya Jenius ini sama seperti bank konvensional lain, yang mengharuskan kita datang ke kantor cabang untuk mendaftar. Namun dugaan saya salah. Dari proses pendaftaran hingga verifikasi semuanya dilakukan secara digital. Setelah men-download aplikasi Jenius di Android, saya mengisi dan melengkapi beberapa persyaratan disitu dan saat itu juga akun saya langsung jadi. Walau sudah jadi, akun saya belum bisa digunakan untuk melakukan transfer keluar, sehingga perlu diaktivasi. Aktivasi akunnya juga dilakukan secara digital melalui Video Call. Saya dihubungkan dengan CS melalui video call dan hanya dalam beberapa menit, akun saya sudah aktif. Sebenarnya selain lewat video call, aktivasi akun juga bisa dilakukan dengan datang ke kantor cabang BTPN. Tapi, karena kesibukan bekerja, saya memilih menggunakan fitur video call.
Dari sini, bisa disimpulkan bahwa sasaran Jenius adalah generasi millennial melek teknologi yang ingin membuat kegiatan perbankannya menjadi lebih simple dan efisien. Inilah masa depan perbankan dunia dan Indonesia yaitu digitalisasi bank, dimana semua layanan disajikan secara digital. Penyajian layanan perbankan secara digital ini tentunya akan menciptakan iklim usaha perbankan yang efektif dan efisien. Bisa memotong biaya operasional bank, sehingga dapat mengurangi biaya administrasi dan lain-lain. Di luar negeri, sudah mulai banyak bermunculan digital bank. Akibatnya, bank tanpa biaya administrasi bukan hal yang susah untuk ditemukan.

2. BTPN Jenius: Layanan Tanpa Biaya Administrasi dan Tanpa Minimum Saldo
Rata-rata bank di Indonesia selalu mengenakan biaya administrasi per bulan kepada nasabahnya. Tidak hanya biaya administrasi, nasabah juga dikenakan minimum saldo atau yang biasa disebut saldo mengendap. Bahkan terkadang apabila saldo di bawah nominal tertentu, kita akan dikenakan denda. Intinya masih banyak biaya yang sudah tidak relevan diambil dari kantong kita. Oleh karena itu, Jenius hadir dengan terobosan tanpa biaya administrasi bulanan dan tanpa minimum saldo. Semua uang di Jenius, tidak akan berkurang sepeserpun (bahkan bisa bertambah dengan adanya bunga) dan dapat diambil seluruhnya. Legit, kan?
Biaya-Biaya Jenius

3. Bebas Biaya Transfer antar Bank
Keunggulan ketiga inilah yang membuat saya menjadikan Jenius sebagai checking account. Dengan fitur bebas transfer, saya bisa mendistribusikan uang ke akun konsumsi, tabungan, investasi, dana darurat, dll, tanpa khawatir mengeluarkan 6.500 rupiah/transfer. Untuk saat ini, layanan bebas transfer ada syarat dan ketentuannya ya.. Seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
ketentuan bebas transfer Jenius
Intinya, apabila kamu ingin menikmati fitur bebas biaya transfer, saldo rata-rata per bulan harus di atas 1 juta rupiah.

Baca juga: Menghemat Biaya Transfer dengan Aplikasi Flip

4. Dapat Kartu debit Gratis dan dapat digunakan di luar negeri
Salah satu keuntungan mendaftar di Jenius adalah mendapatkan kartu debit berlogo Visa secara gratis. Dengan adanya logo Visa di kartu tersebut, artinya kartu kita dapat digunakan di luar negeri. Untuk menarik uang di atm bisa, untuk pembayaran cashless juga bisa. Pokoknya mantul deh!
Penampakan kartu debit Jenius
5. Fitur Tabungan dengan Bunga yang Sangat Menarik
Salah satu fitur kesukaan saya di Jenius adalah fitur tabungannya yang menawarkan bunga dengan rate menarik. Ada 3 jenis tabungan untuk kamu yang suka menabung, antara lain: Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

- Flexi Saver: kamu bisa menabung disini berapapun dan kapanpun. Bisa ditarik sewaktu-waktu juga. Rate bunga 5%.
- Dream Saver: kamu bisa mewujudkan mimpimu untuk membeli barang yang diinginkan dengan fitur auto debet dan jangka waktu. Rate bunga 5%.
Maxi Saver: tabungan ini mirip deposito, dimana kamu menabung selama jangka waktu tertentu. Rate bunga kisaran 6.5-7%.

6. Fitur Tabungan Foreign Currency (Mata Uang Asing)
Fitur tabungan mata uang asing ini baru saja diluncukan oleh Jenius. Dengan fitur ini, kamu bisa membeli mata uang asing untuk ditabung atau menjual mata uang asing. Saat ini ada 3 mata uang asing yang bisa dibeli/dijual yaitu US dollar, Singapore dollar, dan Yen.

Selain 6 fitur di atas, sebenarnya masih banyak lagi fitur dari Jenius yang sangat bermanfaat, antara lain: fitur menagih hutang, mengirim uang lewat chat, kartu debit yang juga bisa bertindak seperti kartu kredit, manajemen kartu, dll. Tapi, saya rasa 6 fitur di atas sudah cukup membuat Jenius bisa disebut sebagai bank masa depan nasional. Setuju?

1 comment:

  1. Digital Seva Just pure classic stuff from you here. I have never seen such a brilliantly written article in a long time. I am thankful to you that you produced this!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.