Tracking Pemasukan (Income) dan Pengeluaran (Expenses) dengan Aplikasi AndroMoney


Hallo, Gans. Melanjutkan lagi ke materi selanjutnya. Jika sebelumnya kita membahas tentang budgetting (tentang bagaimana membuat budget), kali ini saya akan membahas salah satu metode menelusuri income dan expenses. Selain membuat budgeting, yang harus dilakukan adalah melakukan tracking terhadap income dan expenses kita. Kita harus menelusuri atau mencari jejak dari mana datangnya income kita dan kemanakah uang kita pergunakan untuk expenses. Mengapa itu penting? Karena melalui kegiatan inilah, kita bisa tahu bahwa pengeluaran kita masih on track budget atau tidak. Mengetahui pergerakan uang juga bisa membuat kita melakukan evaluasi pada pos pengeluaran dan pemasukan, sehingga bisa menentukan pos mana yang harus dikurangi, mana yang sebaiknya harus dialokasikan.

Teman-teman bisa tracking income dan expenses dengan beberapa metode. Misalkan membuat list pengeluaran tiap minggu di buku catatan, membuat form excel yang berisi daftar pengeluaran selama sebulan atau mungkin bisa jadi per hari, atau mungkin membuat catatan pengeluaran harian di smartphone. Kalau saya sendiri membuat list pengeluaran dan pemasukan di salah satu aplikasi android yang bernama AndroMoney. Teman-teman bisa download di playstore untuk free version atau membeli versi full. Saya telah mencoba beberapa aplikasi android dan menurut saya, aplikasi yang saya pakai sekarang sangat memenuhi ekspektasi saya.

Melalui aplikasi ini, saya bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan hingga per hari. Tersedia beberapa fitur pada aplikasi ini, seperti: fitur Category pengeluaran dan pemasukan yang bisa disesuaikan/diedit sesuai kenyataan. Selain itu, ada fitur Report yang memudahkan kita untuk melihat laporan pengeluaran dan pemasukan selama jangka waktu tertentu. Sehingga kita bisa mengetahui pos pengeluaran apa yang paling menguras uang kita. Penjelasannya lebih baik langsung melalui gambar saja ya…
Fitur Account, untuk mencatat asset

Fitur Report, untuk menampilkan pos-pos pengeluaran

Menu utama di AndroidMoney ini untuk mencatat segala pemasukan/pengeluaran selama periode waktu tertentu (bisa per hari, per minggu, per bulan, bahkan per tahun)

Di fitur category ini, bisa mengkustomisasi kategori pengeluaran/pemasukan yang sesuai dengan kita
Jangan lupa install ya, Gans. Yuk mari track kemana pengeluaran dan darimana pemasukan kita dengan disiplin. Salam Financial Freedom!!

No comments:

Powered by Blogger.