Pengalaman Daftar Rekening Saham di BNI Sekuritas Full Online (Cara Daftar, Deposit, Withdraw)


Hallo, Gan. Di kesempatan kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman saya investasi saham menggunakan BNI Sekuritas. Saya ingin sharing tentang cara membuka atau daftar rekening saham dan akun OLT di BNI Sekuritas secara full online tanpa repot-repot ke kantor cabang, cara top up RDN, cara withdraw, dan cara beli saham di BNI Sekuritas. Bagi teman-teman yang tertarik berinvestasi saham namun belum punya rekening saham, bisa simak tulisan berikut. Check this out!!

Tentang BNI Sekuritas

BNI Sekuritas merupakan anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pasar modal. Perusahaan sekuritas yang berpusat di Jakarta ini telah berdiri sejak 1995. Berikut ringkasan fasilitas dalam BNI Sekuritas:
- Rekening Dana Investor (RDI) : BNI
- Pilihan akun: Syariah, Reguler, dan Margin
- Minimal setoran awal : Rp 100.000,- untuk nasabah BNI (akun syariah dan reguler)
- Pilihan layanan : Hybrid dan Full Online
- Biaya pemeliharaan : tidak dikenakan biaya maintenance
- Fee jual-beli : Full Online (Fee beli 0.17%, Fee jual 0.27%), Hybrid (Fee beli 0.27%, Fee jual 0.37%)
- Platform : Esmart (Desktop), BIONS (Mobile)

Cara Daftar BNI Sekuritas

Jika anda merupakan nasabah BNI dan tertarik berinvestasi saham, tidak ada salahnya untuk mendaftar rekening saham di BNI Sekuritas. Ada 2 cara untuk mendaftar rekening di BNI Sekuritas, yaitu:

1. Offline, dengan datang langsung ke kantor cabang BNI Sekuritas.
Prosesnya pendaftarannya gampang. Kamu hanya perlu membawa persyaratan yang dibutuhkan (Rekening Bank, NPWP, e-KTP) ke kantor cabang, lalu semua proses akan dibantu oleh customer service. Jika kamu menggunakan cara ini, akun saham akan jadi akun hybrid (akun dengan bantuan broker). Saya sendiri menggunakan cara daftar yang kedua yaitu dengan cara full online.

2. Online, dengan mendaftar melalui web atau aplikasi.
Proses pendaftaran menggunakan cara ini tidak dipungut biaya apapun dan tidak diwajibkan untuk deposit. Selain itu, prosesnya juga bisa dilakukan secara full online jadi anda tinggal mengisi data yang dibutuhkan, tidak perlu repot-repot ke kantor cabang, dan bisa tidak kirim dokumen apapun (khusus bagi nasabah BNI). Namun sebelum itu, anda wajib mempersiapkan beberapa persyaratan untuk mendaftar rekening saham di BNI Sekuritas secara online, antara lain:
1. Rekening Bank (Rekening Bank apapun bisa, tapi kalau bisa rekening BNI dengan minimal saldo Rp 100.000 agar tidak perlu kirim dokumen)
2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
3. e-KTP

Dari proses pendaftaran ini kamu akan dibuatkan 3 akun sehingga bisa mulai transaksi jual/beli saham, antara lain:
1. Rekening Dana Investor (RDI/RDN) BNI
merupakan rekening untuk menampung uang deposit (top up) dan hasil penjualan saham dengan bank kustodian BNI.
2. Suk Rekening Efek
merupakan rekening penyimpanan efek (saham, reksadana, obligasi dll).
3. Akun OLT (Online Trading) BNI Sekuritas
merupakan akun untuk melakukan jual-beli di BNI Sekuritas secara online (BIONS, e-smart).

Daftar Online melalui Aplikasi (BIONS)/Web
1. Download dan Install Aplikasi BIONS yang ada di PlayStore ke smartphone anda
2. Daftar melalui Aplikasi/Web
Klik REGISTER untuk memulai pendaftaran

Anda bisa mendaftar melalui Aplikasi "BIONS" atau melalui tautan web berikut: https://www.bnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/

3. Isi Data selengkap-lengkapnya pada Formulir Pembukaan Rekening RDN dan Rekening Efek
Pilih Rekening Reguler untuk mendapatkan rekening efek reguler

Perbedaan Layanan Hybrid dan Full Online terletak pada bantuan broker. Kalau hybrid, kamu bisa trading melalui aplikasi OLT dan/atau bisa dibantu oleh broker. Jika kamu mendaftar melalui kantor cabang BNI Sekuritas, maka akun kamu otomatis didaftarkan sebagai akun hybrid. Sedangkan layanan full online, semua aktivitas trading dilakukan sendiri melalui aplikasi OLT tanpa bantuan broker. Kelebihan dari akun full online adalah fee jual-beli yang jauh lebih murah daripada akun hybrid.

Fee jual-beli untuk akun Full Online di BNI Sekuritas per hari ini (1 April 2020) sebagai berikut:
-Syariah: fee beli 0.15%, fee jual 0.25%
-Reguler: fee beli 0.17%, fee jual 0.27%

Fee jual-beli untuk akun Hybrid di BNI Sekuritas per hari ini (1 April 2020) sebagai berikut:
-Reguler: fee beli 0.27%, fee jual 0.37%

Perbedaan Rekening Reguler dan Syariah terletak pada saham yang bisa diperdagangkan. Untuk rekening syariah, saham yang bisa diperdagangkan hanyalah saham yang memenuhi syariat dan masuk pada indeks ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia). Sedangkan untuk rekening reguler, semua saham yang termasuk di IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) bisa diperjualbelikan.

File yang perlu dilampirkan
Untuk melengkapi formulir, ada beberapa file yang wajib dilampirkan, antara lain:
a. Foto KTP
b. Foto diri memegang KTP
c. Tanda tangan

4. Proses Pendaftaran Telah Selesai dan Mengirimkan  Formulir
Formulir Pendaftaran yang telah jadi
Jika kamu sudah selesai mengisi data, maka akan ada softcopy formulir yang telah terisi data-data tadi. Bagi nasabah BNI tidak perlu mengirimkan formulir, just doing nothing. Bagi yang mendaftarkan nomor rekening tabungan selain BNI, yang harus dilakukan setelah itu adalah mencetak dan mengirimkan formulir tersebut ke alamat tertera.

5. Tunggu e-mail sekitar 7 hari kerja
E-mail Konfirmasi Penyelesaian Rekening Dana Investor (RDI)
Informasi terkait Rekening Dana Investor (RDN) dan Rekening Efek (Sub Rekening)
Informasi tentang Akun OLT BNI Sekuritas (BIONS)
Tunggu sekitar 1-2 minggu kerja. Jika kamu mengikuti langkah-langkah dengan seksama harusnya ada 2 e-mail ber-subject "Inv Account Esmart" dan "Password Esmart" dari cs@bnisekuritas.co.id yang berisi informasi tentang RDI, Rekening Efek, dan akun OLT BIONS. Apabila semua sudah jadi, kamu bisa mulai berinvestasi saham di BNI Sekuritas. Bagaimana? Mudah kan membuat rekening saham di BNI Sekuritas secara full online?

6. Login Aplikasi BIONS
Data Akun OLT
Pada e-mail subject "Password Esmart" ada data User ID, Password, dan PIN yang bisa digunakan untuk Login Aplikasi Online Trading BIONS.
Input User ID, Password, PIN
Menu di BIONS
Menu utama di BIONS: Account info (perubahan setting akun), Password & PIN (untuk merubah password & PIN), Portfolio (melihat portfolio), Cash Withdraw (menarik uang di RDI).

Cara Top Up atau Deposit RDN BNI

Seperti yang kita ketahui bahwa RDN/RDI (Rekening Dana Investor) merupakan rekening jenis giro yang berfungsi menampung uang (cash) saat akan melakukan transaksi jual-beli saham. Sesuai regulasi, setiap investor yang ingin berinvestasi saham harus punya 3 rekening, yaitu rekening biasa (tabungan), RDN (Rekening Dana Investor), dan rekening efek (rekening untuk menampung efek, seperti: saham, obligasi, reksadana, dll). Untuk BNI Sekuritas, Bank Kustodian untuk RDN adalah BNI. Berikut ini cara top up/deposit RDN dari rekening BNI melalui mobile banking:

1. Ketahui nomor RDN BNI
Kamu harus mengetahui dulu nomor RDN BNI. Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor RDN BNI. Cara pertama, kamu bisa cek email yang berisi informasi nomor RDI. Email yang masuk ke saya dikirim oleh cs@bnisekuritas.co.id memiliki subject "Inv Account Esmart". Saat dibuka emailnya akan ada attachment yang berisi informasi nomor RDN/RDI dan info lainnya. Catatlah nomor RDI.
Nomor RDI
Cara kedua, kamu juga bisa mengetahui nomor RDI dari aplikasi mobile banking BNI. Caranya, masuklah ke menu Tabungan & Giro. Setelah itu akan ada list semua rekening BNI atas nama anda. Cari rekening yang berjenis "GIRO TANPA SO MIN". Itulah nomor RDI kamu.
Jenis Rekening Giro
Cara ketiga, kamu bisa mengetahui nomor RDN BNI dari aplikasi BIONS. Pada tampilan utama, Klik ikon "Akun". Pada bagian atas (di bawah nama dan nomor akun) ada nomor RDN.
Nomor RDN di bagian atas
2. Klik Menu Transfer
Tampilan Home Mobile Banking BNI
Klik Menu Transfer pada tampilan Home di Mobile Banking BNI. Jika sudah diklik, maka tampilannya akan berubah seperti SS di bawah.
Menu Transfer
3. Pilih BNI dan Input Nomor RDI + Nominal Deposit
RDI pada BNI Sekuritas menggunakan BNI sebagai Bank Kustodian, artinya sama saja kita akan melakukan transfer ke BNI.
Input nomor RDI di Rekening Tujuan
Masukkan nominal Top Up
Jika nomor RDI dan nominal sudah terisi, klik "Lanjut".

4. Validasi Transfer dengan Password
Masukkan Password
Pastikan nomor RDI dan Nama RDI tujuan sudah betul. Jika sudah cocok, maka masukkan password transaksi untuk validasi. Jika sudah ada konfirmasi berhasil, artinya proses transfer berhasil. Selama saya menggunakan BNI Sekuritas, saat saya top up pada jam kerja (pagi sampai sore hari) biasanya uang langsung otomatis masuk ke RDI, kecuali pada hari libur (baru akan masuk pada hari kerja). Saat saya top up di luar jam kerja, biasanya uang masuk ke RDI pada pagi harinya.

Dalam transaksi saham di Indonesia berlaku aturan T+2. Artinya, uang baru akan masuk ke/berkurang dari RDN secara resmi setelah H+2 dari hari transaksi (jual-beli). Atau, saham secara resmi baru akan masuk ke/berkurang dari portfolio setelah H+2 dari hari transaksi (jual-beli). Berikut penjelasan istilah pada Menu Portfolio:

Menu Portfolio

-Cash = menunjukkan nominal uang yang ada di RDN (tidak real time & memperhitungkan T+2)
-Outstanding = menunjukkan posisi uang secara real time. Tanda (-) menunjukkan nominal uang yang seharusnya di RDN setelah T+2. Tanda (+) menunjukkan nominal utang ke sekuritas.
-Limit = menunjukkan batasan nominal yang dapat digunakan untuk transaksi beli saham secara real time. Saat kita membuat order beli saham (walaupun belum matched), nominal pada Limit sudah berkurang.
-Total Asset = Cash + Nilai Portofolio Saham


Cara Withdrawal (Penarikan Uang) dari BIONS

Penarikan uang dari RDN hanya bisa dilakukan melalui aplikasi OLT (BIONS/e-smart), tidak bisa dari mobile banking. Berikut ini langkah-langkah melakukan penarikan uang (withdrawal) dari BIONS:

1. Pada tampilan utama, klik ikon "PROFIL". Jika sudah, seharusnya akan muncul submenu "Cash Withdraw". Klik submenu tersebut.
Klik submenu "Cash Withdraw"
2. Selanjutnya anda akan masuk dalam tampilan form penarikan uang. Pastikan nomor rekening tabungan yang dulu didaftarkan sudah cocok. Dalam penarikan uang dari RDN, ada 3 tipe transfer antara lain:

a. In-House: Penarikan dana hanya untuk rekening tujuan BNI, BCA,BNI Syariah dan Mandiri. Tidak dikenakan biaya. Penyelesaian T+0 untuk transaksi di bawah pukul 12.00 WIB, T+1 untuk transaksi di atas pukul 12.00 WIB.
b. Kliring: Penarikan dana ke rekening tujuan selain 4 bank inhouse dengan transaksi di bawah Rp 100.000.000. Dikenakan biaya Rp 15.000. Penyelesaian T+1.
c. RTGS (Real Time Gross Settlement): Penarikan dana ke rekening tujuan selain 4 bank inhouse dengan transaksi di atas Rp 100.000.000. Dikenakan biaya Rp 30.000. Penyelesaian sama seperti in house.

Form Penarikan Uang (Withdrawal)
3. Masukkan jumlah uang yang ingin ditarik, pilih tipe transfer, masukkan PIN Trading, centang pernyataan persetujuan T&C. dan Klik SEND.
Isi Form Penarikan Uang
4. Konfirmasi penarikan uang dan cek sekali lagi rekening tujuan.
Konfirmasi Penarikan
5. Jika sudah konfirmasi, klik "Withdrawal List" untuk mengetahui status penarikan uang.
Withdrawal List

Sepengalaman saat menarik uang dari RDN menggunakan tipe transfer "In-House", jika withdraw pada hari kerja di bawah pukul 12.00, uang akan masuk ke rekening tabungan pada hari itu juga. Namun jika withdraw di atas pukul 12.00, uang baru masuk ke rekening tabungan keesokan harinya.

Apabila ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar. Untuk pertanyaan yang bersifat teknis terkait BNI Sekuritas/aplikasi BIONS bisa menghubungi CS di email berikut:
directchannel.service@bnisekuritas.co.iddigichan@bnisekuritas.co.id

220 comments:

  1. jika tidak bisa login ke bions tulisannya unable to validate user itu knpa ya?padahal sudah benar semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pas login pertama? Dulu saya pas login pertama pake data yg di-email bisa bisa aja sih. Terus, langsung saya ganti password & PIN dan aktifin login pake fingerprint

      Delete
    2. bang kok akun gua mau masukin password nya salah terus padahal yg di email aku masukin jadi lock deh akunnya ..solution gimana ya

      Delete
    3. Untuk pertanyaan teknis lebih lanjut coba email saja ke: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Delete
    4. Sama Mbak saya coba login pertama tapi kok gak bisa ya? solusinya gimana mbak?

      Delete
    5. Coba lagi beberapa saat (1-2 hari) dari waktu e-mail diterima. Bisa jadi akun belum aktif sepenuhnya. Jika 1-2 hari masih belum bisa login, coba email ke CS berikut: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Delete
    6. Halo mbak pertama login emang pake password & pin dari email yang dikirim bni sekuritas ya. Setelah login auto suruh ganti pin kan, terus kalo mau log in lagi jangan lupa yang diganti cuma pin nya aja, jd password tetep sprti yg di email. Soalnya saya udah mengalami, kurang teliti saja, mungkin kendalanya sama heye

      Delete
    7. Makasih infonya aku masuk juga susah pas tau infonya jadi bisa

      Delete
    8. trus kalau sudah sampai salah dan aku terkunci bagaimana solusinya?

      Delete
  2. Kalo full online tanpa npwp bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw harus pake npwp bro. Bikin aja npwp, cepet nggak ribet kok. Kalo gamau, coba pake npwp ortu dulu, semoga aja bisa

      Delete
    2. Gan, bisakah ganti akundari hybrid ke full online

      Delete
    3. setau saya gabisa ganti, tapi bikin lagi. saya tadinya pake hybrid (esmart) bikin akun lagi full online (bions), setelah saya tanya pihak sekuritasnya. secara tampilan, jual-beli dan toolsnya lainnya lebih nyaman pake bions dibandingkan esmart

      Delete
  3. Akun giro nya kan ada 2 terus satu lagi untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa ada 2 bro? Harusnya kalo belum pernah buat rekening giro, ya cuma ada 1 sih. Cek aja no RDI yg di e-mail, itu yg lebih valid

      Delete
  4. password transaksi itu password akun kita bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Password & PIN trading yg di e-mail itu password & PIN akun OLT kita (BIONS)

      Delete
    2. Kalo cairin dr bions ke rek BNI gmn ya

      Delete
  5. bang boleh minta WA gak>
    mau tanya nih,untuk fee nya hybrid beneran beda?
    saya mau ke BNI sekuritas kantor mau bikin disana soalnya.
    males kirim2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. Fee akun hybrid lebih mahal (beli 0.27%, jual 0.37%). Saya udah pernah ke cabang buat tanya ini. Coba saja pastikan ke customer service.

      Kalo kamu nasabah BNI, gausah kirim dokumen apapun. Karena saya nasabah BNI, sewaktu bikin akun full online gak pake kirim dokumen apapun. Nunggu 7 hari kerja saja

      Delete
    2. Kalau daftar pakai rek. Tabungannya BNI Syariah bisa gak ya?

      Delete
    3. Utk daftar bni sekuritas full online bisa menggunakan rekening bank manapun. Perbedaan khusus nasabah BNI, tidak perlu mengirimkan dokumen. Utk nasabah BNI syariah, berdasarkan pengalaman pembaca, ada yg bilang perlu mengirimkan dokumen, ada yg bilang tidak perlu kirim. Yg lebih valid sepertinya nasabah BNI syariah perlu mengirimkan dokumen.

      Delete
    4. Saya pakai bNI syariah 2 hari sudah dapat email id dan pasword, dan belum kirim dokumen.... berarti dokument nya gak perlu dikirim lagi?

      Delete
    5. Saya juga daftar pakai BNI Syariah, sudah 2 hari tapi blm dapat email balasan...

      agan udh coba pakai dan ga ad masalah?

      Delete
  6. Rekening rdn sudah aktif,kapan ya jangkanya dengan email mengenai username dan pwdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah aktif maksudnya gimana gan?

      Sepengalaman gw, setelah registrasi nunggu antara 1-2 minggu hari kerja baru ada e-mail info RDN dan akun OLT (username, password, PIN). Emailnya bareng, di hari yg sama

      Delete
    2. Bang, suntik deposit minimal 1jt itu langsung kepotong dr rekening BNI ga? Atau manual beli deposit? Plisss jwabb

      Delete
    3. Kalo full online, sepengalaman gw nggak ada minimal deposit. Cuma syaratnya harus ada 100k di rek bni. Nanti kalo mau beli saham harus deposit manual.

      Delete
  7. klo pake rekening bni syariah apakah perlu dikirim jg dokumen/berkas pendaftaran nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, jujur ane kurang tau gan. Kalo setau ane walaupun BNI syariah merupakan anak perusahaan BNI, tapi tetep BNI & BNI syariah entitas yg berbeda. Kemungkinan besar alasan nasabah BNI nggak perlu kirim dokumen dikarenakan RDI nya BNI sekuritas juga BNI

      Delete
    2. saya pakai bni bni sya kemaren. bisa kok sama aja gak ada perbedaan dengan pakai BNI biasa

      Delete
    3. Sy br aja daftar gan.kalau dr bni syariah setelah daftar online, masih perlu mengirimkan hardcopy ke bni sekuritas. Nanti akan diverifikasi via tilpon dan dibuatkan akun reguler. Dua-tiga hari kemudian bs digunakan stlh verifikasi. Semua info akan dikirim via email

      Delete
  8. kalau rekening efek yang mana ya, maaf saya baru pemula jd baru dapet RDN via email, belum tau banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening efek merupakan rekening untuk menyimpan aset efek (saham, reksadana, obligasi). Ini hubungannya dgn KSEI & KPEI utk keamananan & kelancaran transaksi. Kalo di e-mail, nomor rekening efek itu yg ditunjukkan pada "Subrekening".

      Delete
  9. Saya pake syariah dan disuruh ngirim berkas gan. semoga ga lama
    btw saya juga daftar mirai asset securitas. semoga jadi cepet juga

    BTW bions app BNI enak ga tuh bang?
    utk cek cek perkembangan saham emiten bisa ga?
    kalau mirai asset bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehe. Jadi, yg bener yg mana nih? Kalo BNI Syariah, ane jujur kurang tau sih.

      BIONS enak kok. UI/UX bagus. Cek perkembangan harga saham maksudnya chart ya? Ada kok. Kalo niatnya cuma investasi, BIONS oke sih. Tapi kalo niatnya trading, ane kurang rekomen BIONS. Pake sekuritas yg biasa dipake trader aja kyk Mirae.

      Delete
    2. saya BNI syariah itu 1 bank dia.
      tp ttep kirim berkas ternyata

      anyway, BIONS nyaman buat investasi ya?
      gimana ttg pernah ngalami lemot atau transfer dr RDI bank lain lemot tidak

      Delete
    3. Iya. Maret lalu sy dftr online lalu pas ta ya ternyata jika bni syariah hrs kirim dokumen juga

      Delete
    4. Menurut saya sih juga gitu. Walaupun BNI syariah anak perusahaannya BNI, tapi mereka entitas yg berbeda. Jadi harusnya tetep perlu kirim dokumen

      Delete
    5. bedasarkan lampiran di email selain BNI wajib kirim berlas, baik itu BNI syariah

      Delete
  10. halo. saya tadi coba trade 1 lot saham, katanya sudah berhasil. tp pas cek saldo RDN di BNI mobile kok tdk ada pengurangan ya. apakah tidak realtime?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar saham pake prinsip T+2 gan. Uang baru akan masuk/berkurang setelah H+2 dari hari transaksi jual/beli. Utk perhitungan nominal cash yg lebih real time, perhatiin aja bagian "LIMIT". Itu merupakan nominal cash yg bisa dipakai jual/beli (batasan)

      Delete
    2. Ini maksudnya jika kita jual saham hari ini, di limit akan bertambah, tp di cash baru akan bertambah 2 hari kemudian ya? Begitu ya bg?

      Delete
  11. Gan kok saya dapat rdi nya 2 akun rekening ya???

    ReplyDelete
  12. Saya baru daftar dan sudah deposit melalui bni mobile, kok dananya gk masuk ya, sudah sesuai dengan nomor rekening tujuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu depositnya kapan? Sesuai pengalaman, kalau deposit malam hari baru akan masuk RDI pagi hari, kalau deposit di jam kerja akan otomatis masuk saat itu juga, kalau deposit weekend baru akan masuk hari kerja.

      Delete
  13. Sumpah bro.. gue terbantu banget abis baca tulisan lu ini. Makasih banget ya udah berbagi ilmu yg bermanfaat. Sukses & rejekinya lancar terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. Sesama investor harus saling membantu 👍

      Delete
  14. Bang di email saya no RDI nya ada 2 sekaligus,, Ini saya harus ngisi yang mana ya soalnya sama kode Nasabahnya.
    Pas Cek di MBanking juga udah otomatis ada 2 yg terdaftar RDI nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jujur ane kurang tahu ya kenapa akun RDI bisa 2 gitu. Di atas kyknya ada yg mengalami hal sama. DM ke akun twitter ane aja gan @young_gansID, biar lebih enak diskusinya. Ane coba bantu cari solusinya

      Delete
    2. bang, saya baru sadar karena newbie. Saya daftar online mau buat akun syariah, tetapi begitu sekarang saya cek ternyata akun saya reguler. Apa bisa dirubah atau harus buat akun baru?

      Delete
    3. Wah kalo merubah jenis rekening, ane kurang tau juga gan. Coba aja email ke: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Kalo menurut ane sih, reguler & syariah bedanya cuma di jenis saham yg diperdagangkan. Punya akun reguler bisa diakali dgn setiap mau beli saham, cek di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia). Saham yg masuk Indeks tersebut, insyaAllah sudah sesuai peraturan/syariat.

      Delete
  15. siap. trims info nya bang. Tapi emang kadang ada emiten yang dicoret namanya. Saya perhatiin emiten rokok sama bank konvensional selalu dicoret. Kalo emiten laen ada yg dicoret ada yg tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain dari jenis usaha, kondisi keuangan (utang berbunga, sumber revenue) juga jadi syarat dalam pengklasifikasian saham syariah

      Delete
  16. Gan, saya mau buka rekening bni sekuritas. Tapi tabungan saya BRI. Apa masih bisa regist online? Walaupun harus kirim dokumen. Dan apa bedanya investasi dan trading? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rekening tabungan selain BNI, tetap bisa registrasi online. Langkahnya pun sama seperti tutorial di atas, cuma bedanya harus kirim berkas.

      Beda investasi & trading menurut saya ada di teknik dan jangka waktu holding. Investasi itu jangka panjang, tapi kalo trading lebih ke jangka pendek (beli hari ini, jual setelah hold beberapa hari). Teknik analisis yg digunakan juga agak berbeda. Kalo investor biasanya pakai analisis fundamental. Tapi, kalo trader rata-rata pakai analisis teknikal & bandarmologi.

      Delete
  17. Kak, saya mau nanya. Di pendaftaran online kan ada profil risiko, ada bagian "total skor" itu maksudnya apa yaa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, profil risiko itu cuma survei dan evaluasi pribadi aja sih. Adanya tes profil risiko, kita jadi kenal apakah kita termasuk investor yg agresif atau konservatif.

      Delete
  18. Wah bang,thank you buat tulisannya,sngt membantu sekali 🖒

    ReplyDelete
  19. Bang mau tanya kalo kita sudah deposit 1 jt apakah uang tersebut bisa kita tarik lagi full 1 jt ?

    ReplyDelete
  20. kalau rekening BNI syariah juga ga perlu kirim berkas bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur ane kurang tau gan. Di atas ada yg bilang perlu kirim, ada yg bilang gak perlu kirim. Kalo menurut ane, BNI & BNI syariah ini kan entitas yg berbeda walaupun ada afiliasi, jadi seharusnya tetep perlu kirim. CMIIW

      Delete
  21. bank ada biaya bulanan gak di rekening rdn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada biaya administrasi bulanan. Malah ada bunga tabungan hehe

      Delete
  22. bang, mau tanya, kalo user id bni sekuritas, ditanyaiin ama cs bni sekuritas, apakah gk apa2x dikasih, kemaren soalnya saya kasih user id saya, tapi csnya gk minta pin ama password

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait apa nih gan? Kalo nggak kasih PIN/password sih harusnya aman ya. Karena kalo mau cash withdrawal dari RDI harus pake PIN. Saran ane, PIN/password langsung diganti saat login pertama kali

      Delete
    2. rekening bank BNI wajib konvesional ya, atau boleh rekening BNI syariah ?

      Delete
    3. Semua rekening tabungan dari bank manapun bisa dipakai kok. Kalo nggak mau kirim dokumen, rekeningnya wajib BNI. Utk rekening BNI syariah, ada yg bilang perlu kirim, ada yg bilang tidak perlu kirim. Kalo menurut ane, utk BNI syariah harusnya tetep perlu kirim dokumen.

      Delete
  23. mas, mau tanya, kalo saya mau ganti rekening tabungan dari konvesional ke syariah, harus minta isi Formulir Pengkinian Data Rekening Perorangan, tapi saya bingung kirimnya kemana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya coba email ke directchannel.service@bnisekuritas.co.id utk pertanyaan yg sifatnya agak teknis. Ane bukan orang BNI sekuritas jadi kurang terlalu paham jika ada permasalahan yg agak teknis seperti ini. Email CS BNI sekuritas cukup responsif. Beberapa kali saya email kesana, jawabannya cepat dan pas.

      Delete
  24. Bang saya kok dapat rekening RDN 2 ya setelah daftar bni sekuritas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya banyak ya yg dapat 2 RDI setelah registrasi. Kalo saya kemarin cuma dapat 1 RDI saja, e-mailnya dari customer service. Utk mengecek RDI mana yg valid, cek saja di akun BIONS bagian "Account Info".

      Delete
  25. bang kalo bikin offline harus punya rekening bni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw, utk daftar bni sekuritas (online/offline), rekening tabungan dari bank manapun bisa.

      Delete
  26. Gan, apa bisa bikin 2 akun dalam satu bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ane, 1 orang hanya bisa punya 1 akun di satu sekuritas. Kalo mau punya beberapa akun (misal akun khusus trading/investasi) bisa buat akun lagi di sekuritas yg lain. Ane punya beberapa akun di beberapa sekuritas

      Delete
    2. om mau nanya nih.ketika saya masukan password dan pin yg di email,ke aplikasi bions kok gak bisa y,UNABLE VALIDATED USER jawabnya.klo kayak gitu Gimana y om

      Delete
    3. Coba lagi beberapa saat (1-2 hari) dari waktu terima e-mail. Bisa jadi akun belum aktif sepenuhnya. Jika 1-2 hari masih belum bisa lagi, coba email ke CS berikut: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Delete
  27. selamat malam, saya ingin bertanya, pada halaman web bni sekuritas saya membaca saldo mininal yang harus di transfer ke rekening RDN minimal Rp. 1.000.000, apakah kita harus transfer sebesar nominal itu baru bisa melakukan transaksi atau bisa dibawahnya?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus deposit 1jt, yg penting uangnya cukup utk transaksi 1 lot saham. Saya sarankan deposit 100 ribu saja utk percobaan

      Delete
    2. bang mau tanya, saya udah transfer sebesar 150 ribu, lalu untuk cek saldo nya gimana yaa? ko di history cash nya masih nol. Mohon bantuannya

      Delete
    3. Cek saldo bisa lewat mobile banking bni atau aplikasi BIONS. Itu deposit kapan? Kalau deposit di jam kerja, akan otomatis masuk saat itu juga. Kalo deposit di luar jam kerja, baru masuk keesokan harinya

      Delete
    4. thanks gan infonya. tadi sih deposit nya di jam 5 sore

      Delete
  28. mau tanya, gmn cara menggunakan dana margin di aplikasi bions? apakah jika kita tidak menggunakan dana margin (dana/modal kita sendiri), selama kita tdk melakukan sell dibawah harga beli kita, maka tdk akan mempengaruhi modal kita? (asumsinya saham yg kita beli, pasti akan naik walaupun dalam jangka waktu yg lama)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dana margin = dana pinjaman dari sekuritas. Utk bisa menggunakan dana margin, di awal harus mendaftar sebagai akun margin. Tentunya ada persyaratan yg harus dipenuhi utk bisa lolos sebagai akun margin.

      Pada jual-beli menggunakan rekening margin, ada istilah margin call. Saat harga turun melewati kesepakatan akan ada notif dari broker dan terkadang saham bisa di-forced sell (jual paksa), tergantung agreement dgn sekuritas.

      Delete
    2. Berarti klo pake dana sendiri aman ya gan? Selama kita tdk melakukan transaksi jual, menunggu sj harga naik

      Delete
    3. Kalo pakai full dana sendiri & tidak pakai margin/leverage seharusnya aman ya

      Delete
  29. selamat siang, saya ingin bertanya, untuk menarik dana dari akun saham ke rekening pribadi bagaimana caranya? apakah harus melalui aplikasi bions atau mbanking? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan fitur "Cash Withdraw" pada aplikasi BIONS.

      Delete
    2. bang saya sdah jual saham saya dan udah masuk cash tapi saya witdraw kok reject trus ya??? kira2 kenapa ya

      Delete
  30. Kalo pake Bions, kalo hitung profitnya manual ya?? Soalnya ga ada menu buat tau profitnya. Atau kalo saya salah mohon pencerahannya admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan fitur "Report", khususnya pada laporan "Trading History". Fitur Report ini punya range 3 bulan. Contoh misalkan mau tahu profit 1 tahun, bisa diakali dengan dipecah menjadi 4 range (Jan-Maret, April-Juni, Juli-Sep, Okt-Des).

      Delete
  31. Saya hanya mendapat 1 email, konfirmasi pembukaan, tapi tidak dengan password e smart, apa perlu top up atau pengajuan terlebih dahulu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Seharusnya jika pendaftaran sukses akan langsung terima 2 email (info RDN dan info akun OLT) di hari yg sama. Tunggu 1-2 hari kerja dan juga cek spam. Jika masih belum ada email info akun OLT, hubungi CS lewat email berikut: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Delete
  32. Bang, saya juga dapat 2 rdi tertera di m-banking, dan setelah saya cek di app bions di account info juga ada 2 rdi hanya trader idnya beda yg 1 tidak ada huruf s di akhir yg satu lg ada huruf s diakhir no treder idnya, tapi yg tampil di atas app bions hanya ada 1 rdi, iseng saya coba tf dana ke no rdi yg tampil di atas app dan berhasil saya coba transaksi saham pun juga berhasil. Tapi sampai sekarang saya masih penasaran buat apa no rdi yg satu lg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sepertinya gara-gara daftar akun jenis syariah. Seinget gw pas ke kantor cabang bni sekuritas, dikasih tau kalo yg daftar akun syariah bakal dibuatin 2 RDI/akun OLT (reguler & syariah). CMIIW

      Delete
    2. Oohh.. gitu ya bg, iya sih saya daftar akun syariah. Makanya saya sempet bingung pas awalnya, kerna ada 2 no rdi. Tapi patokan saya no rdi yg muncul di atas aplikasi bions sesuai isi tulisan abg diatas,. Dan waktu login, saya bisa login dengan akun reguler, kejadian karna lupa tekan pilihan syariah, perasaan saya daftar syariah kok bisa dipeke login reguler. Alhasil no rdi yg 1 lg nganggur tak dipakai karna masih blm tw buat apa.

      Delete
    3. Biar tidak bingung, pilih salah satu akun/RDI saja. Kalo memang niatnya investasi ke saham syariah, ya dipakai saja akun syariahnya. Jika sudah terlanjur deposit di RDI Reguler, bisa di-withdraw lalu deposit ulang ke RDI syariah. Kalo mau pake akun reguler buat investasi saham syariah juga gpp. Toh kan bisa diakali dengan hanya beli saham-saham yg masuk ISSI saja.

      Delete
    4. Iya benar sekali itu bg. Saya juga begitu. Pilih 1 rdi saja. Btw terimakasih sebanyak banyaknya buat abg, hehehe berkat tulisan abg ini, asli saya sangat terbantu sekali, sudah lama saya cari tw gimana caranya daftar bni sekuritas online, dan tanpa perlu deposit, tanpa perlu kirim2 dokumen lg, kerna keterbatasan waktu, saya sibuk kerja gk sempet mw ke bni sekuritas. Akhirnya nemu tulisan abg ini. Sukses selalu buat abg.

      Delete
    5. Permisi bung, mau tanya; Rekening fisiknya (RDN) ada gak ya..?

      Delete
    6. Kalo maksudnya buku tabungan, ya tidak ada fisiknya. Namun setiap bulan ada e-statement yg dikirim ke e-mail.

      Delete
  33. bang, kalau daftarnya pakai rekening bni simpanan belajar bisa nggak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, ane juga kurang tahu. Saran saya bikin saja rekening BNI Taplus Muda atau bisa juga numpang dulu di rekening ortu

      Delete
    2. siap terimakasih, ada WA bang? mau tanya" soalnya hehehe

      Delete
  34. Halo Pak,
    Terimakasih banyak untuk tulisan ini, benar2 membantu sekali buat saya yang mau investasi saham dengan dana yang kecil.
    Thumbs up!

    ReplyDelete
  35. bang mau nanya, saya kan baru nerima email bahwa akun udah aktif barusan, namun saat mau login ada kata "unable to validate user", nah itu kenapa ya bang, apakah ada jeda saat menerima email dengan login aplikasi atau hanya bisa dilakukan saat jam kerja karna saya nyoba log-in nya malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi beberapa saat (1-2 hari kerja) dari waktu e-mail diterima. Kemungkinan akun belum aktif sepenuhnya. Jika 1-2 hari masih belum bisa login, coba email ke CS berikut: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Login bisa dilakukan kapanpun, tapi terkadang ada maintenance server di malam hari. Apabila gagal login karena kendala server, notifikasinya tidak "unable to validate user" tapi "disconnected". Notifikasi "unable to validate user" hanya muncul jika akun belum aktif sepenuhnya atau kesalahan dalam memasukkan user id, pin, password.

      Delete
  36. bang, diatas kan dijelaskan deposit via mobile banking.. klo deposit via atm bisa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong. Prosedurnya sama saja kyk transfer ke rekening BNI

      Delete
    2. Mau tanya bang, kl buka rekening bni sekuritas bisa gak kita pake rekening bni syariah

      Delete
    3. Bisa pake semua rekening bank termasuk BNI syariah, tapi hanya nasabah BNI yg nantinya tidak perlu kirim dokumen fisik.

      Delete
  37. Bang nanya udah dapet user dan password (pin dan password itu SM ya bang) dan selain email klo mau komplain dimana??? (Di Cs bank BNI bisa ta bang?) Makasih bang baru daftar dan dpt email 3 hari yg lalu, tp gak bisa msk ke bions nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke email ini: directchannel.service@bnisekuritas.co.id

      Ini CS nya fast response kok.

      Delete
    2. Masukan aja bang karena sudah bisa online tinggal belajar aja.
      "Ternyata yang direset itu pinnya aja password nya sama kayak yang di email kan waktu pertamakali" itu aja bang masukannya tq bang

      Delete
  38. bang, mau nanya,, kok saya trf ke rek RDI saya dari rekening BNI saya malah gak bisa ?,, malah keluar notif"saldo debet anda tidak mencukupi tolong periksa kembali" padahal saldo nya ada 1jt lo, gmn solusinya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek saldo rekening dan aturan saldo minimum, pastikan transfer tidak melewati saldo minimum.

      Delete
  39. hai kak, mau tanya saya sudah coba aplikasi bions saat saya lihat portfolio saya ada keteranga
    cash
    outstanding
    limit
    total asset

    maksudnya gimana kan
    cash adlh saldo rekening rdi kita
    outstanding jika minus/plus artinya apa kak
    limit jika minus/plus artinya apa kak
    total asset allh cash+portfolio.
    mohon advise nya kak saya masih newbie.
    terimakasih sebelum nya.

    ReplyDelete
  40. halo mas, saya pengguna baru aplikasi bion. jadi saya udah tranfer ke rdn saya kan mas di rekning giro saya saldo saya sudah nambah tapi pas saya cek di aplikasi balancenya tetap yang lama. saya coba lakukan transaksi juga tidak bisa. setelah tranfer ke rekening giro apakah ada tindakan yang perlu dilakukan lagi gk mas? saya belum paham betul soalnya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu deposit kapan gan? Kalo deposit di luar jam kerja (sore-malam) baru akan masuk keesokan harinya.

      Delete
  41. bang mau nanya kalo subrekening yang kedata di KSEI itu emang bisa lebih dari satu ya? padahal kalau di email dari cs bni sekuritas cuma ada satu rekening. ini saya kan daftar ke bareksa sama bni sekuritas, nah yang bni sekuritas ini ternyata muncul 3 sub rekening di KSEI itu gimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw kalo rekening efek bisa lebih dari 1 gan. Beda platform investasi biasanya beda rek efeknya karena kan tujuannya beda-beda (ada yg khusus utk saham, reksadana, sun, dll). Yg gabisa lebih dari 1 itu SID (Single Investor Identification). CMIIW

      Delete
  42. akhirnya nemu tutorial lengkapnya di sini huhuwwww... makasiiiiiii....

    ReplyDelete
  43. bang, mau nanya, ketika mau log in pertama kali di bions itu masukin kolom password dan pin nya sama ya? soalnya dapet dr email BNI nya itu password & pin jadi satu. mohon penjelasannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, PIN & password utk login pertama memang sama. Saran ane, setelah bisa login pertama langsung ubah password & PIN (bisa dibuat beda).

      Delete
  44. bang, setelah membuat akun saham di bni sekuritas, apa otomatis dapat akses KSEI juga ? atau harus daftar lagi di KSEI nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah sukses daftar bni sekuritas, pasti dapat akun OLT, RDN, dan Rekening efek. Jadi otomatis dapat AKSes KSEI.

      Delete
  45. Pak bos,

    Saya sudah selesai daftar, terus sudah dapat softcopy formulir pendaftaran.
    Softcopy formulir pendaftaran ada 6 halaman.

    Tapi di halaman 2 ada data yang salah. Data itu muncul sendiri, padahal pas waktu mengisi formulir online, kolom data itu nggak ada.

    Bagaimana sebaiknya langkah saya?
    Mohon arahannya.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalo ada data penting yg salah/tidak terisi akan dikonfirmasi lagi sama pihak BNI sekuritas. Saran saya, tunggu saja 1-2 minggu hari kerja

      Delete
  46. Halo Pak,
    Mau tanya, untuk Log in dan password akan selalu sama seperti initial yang diberikan oleh BNI via email?
    Hanya Pin saja yang bisa diubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak. Password & PIN sama-sama bisa dirubah kok. Mau disamain atau dibedain juga bisa

      Delete
  47. Halo kak, gimana solusinya saya buy tapi di portofolionya tulisannya ”Rejected” terus kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan dulu kamu transaksi saat bursa buka ya. Kalo bid di luar jam kerja bursa pasti REJECTED.

      Delete
  48. Kak, nomer rdn masuk ke mbanking itu berapa lama ya?
    Saya sudah bisa transaksi di bions, tapi dimbanking belum ada nomer rdn nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena yg dibuat dulu oleh pihak sekuritas itu RDN, harusnya kalau akun OLT sudah jadi RDN pasti sudah jadi sih. Sudah yakin nomor rekening tabungan BNI yg kamu daftarkan sewaktu daftar sudah sama dengan nomor rekening yg kamu gunakan di mobile banking sekarang?

      Delete
  49. apakah bisa langsung sell tanpa buy terlebih dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada istilah shortselling dimana investor bisa menjual saham tanpa memilikinya (pinjam dari sekuritas). Gw kurang tau apakah BNI sekuritas melayani layanan tersebut atau nggak

      Delete
  50. Mas, kalau merubah alamat korespondensi gimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak CS lewat e-mail. Nanti bakal dikasih form perubahan identitas

      Delete
  51. Bisa kah gan pindah akun dari hybrid ke full online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ane sih gabisa ya. Tapi, coba tanya ke cabang/e-mail CS aja utk lebih pastinya, gan

      Delete
  52. bang mau nanya, saya mau cash withdraw dari hasil jual. tapi gk bisa di tarik, padahal di limit ada nah aku kemaren trading ditanggal 13 kemaren

    ReplyDelete
    Replies
    1. H+2 hari kerja baru masuk ke RDN gan. Jgn lihat yg di "Limit", lihatnya yg "Cash". Kalo belum ada di cash ya gabisa ditarik

      Delete
  53. Kok aku cuma dapet 1 email ya , cuma dapet email RDI aja , ga dapet user id sama passwordnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu aja dulu beberapa hari. Kalo masih belum dapat email juga, baru hubungi CS

      Delete
  54. Kalau sudah daftar terus di akun Akses di list Broker memang tertulis 2 rekening BNI ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma punya 1 akun di BNI Sekuritas dan tipe layanan REGULER harusnya RDN cuma 1. Kalo yg syariah biasanya dapat 2 RDN

      Delete
  55. Gan, limit bisa ditambah gak ? Gimana caranya ?

    Krn saldo cash RDN dan outstanding saya masih lumayan banyak (cukup utk beli 1 atau 2 lot saham), tapi limit nya koq kecil banget sampe gak bisa beli 1 lot pun. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah gimana? Kalo akun yg bukan tipe margin, limit = uang yg dimilikki. Seberapa uang yg dimiliki, itulah nominal yg bisa dibelanjakan. Di cash masih ada saldo ya karena itu belum kena mekanisme T+2. Coba pahami lagi terkait mekanisme T+2

      Delete
  56. apakah bni sekuritas ini bisa di pakai transaksi di luar hari kerja?kata teman saya kok cuma bisa di pakai pas hari kerja aja ya?mohon share pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sekuritas hanya bisa dipakai tranaksi pada hari kerja saja (sesuai dengan waktu BEI). Tapi, aktivitas lain seperti pengecekan portofolio, screening saham, dll bisa dilakukan kapanpun.

      Delete
  57. Bang Rahman aq mau tanya nih.
    kalau RDNnya pakai BNI Syariah perlu kirik formulir ngga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya nggak pakai bni syariah, saya kurang tau pastinya. Tapi dari komentar-komentar di atas kyknya utk nasabah bni syariah tetep perlu kirim formulir. CMIIW

      Delete
    2. OK siyap bang...
      Makasih atas tulisannya. sangat membantu.

      Delete
  58. Berapa ya deposit awal di dions

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau full online, tidak ada deposit awal. Tapi kalo bisa ada uang min 100k di rekening tabungan yg didaftarkan ke bni sekuritas

      Delete
  59. Misal kita transfer ke RDN (BNI) tapi tidak menggunAkan BNI bisa ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Caranya sama aja kyk transfer ke rek BNI

      Delete
    2. Kalau gak pya NPWP gak bisa daftar bion kak

      Delete
    3. Kalo udah mahasiswa/kerja, bikin dulu NPWP. Gampang kok bikinnya

      Delete
  60. Klu pake npwp orang tua bisa tidak

    ReplyDelete
  61. Gan ane kan lagi di LN tapi pengen daftar BNI sekuritas sedangkan ane g punya rekening atas nama sendiri adanya rekening istri.. kira2 bisa ga daftar sekuritas pakai rekening istri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, Rekening tabungan dan nama user (KTP, dll) yg didaftarkan harus sama. Jadi saat daftar bni sekuritas diatasnamakan istri sejak awal

      Delete
  62. Min saya sudah daftar dari tanggal 11 desember kok belum ada informasi dari BNI sekuritas yah? Apa perlu saya kirim dokumen fisiknya? Padahal rekening yg saya daftarkan rekening BNI juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar, ditunggu aja gan. Desember banyak cuti bersama & hari libur. Kalo pertengahan januari masih belum jadi, email aja ke CS. Dulu akun saya jadinya sekitar 2 minggu

      Delete
  63. Bang saya daptar pake rek Bank lain...berkas yg di unduh kita harus KYC ke kantor BNI apa bisa via Pow kirim berkas saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk jenis full online & rek bank lain, hanya perlu kirim dokumen fisik

      Delete
  64. Saya ada coba cash withdrawn, tp direject. posisi cash 1,4, asset 2,8, dan outstanding-limit +/- 1521. Apakah ada batasan lain untuk withdrawn, misal minimal aset berapa atau yang lain. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada aturan minimal seperti itu. Intinya, yg bisa ditarik hanyalah nominal cash (saldo RDN). Jika sudah menjual saham tapi belum T+2, maka uangnya belum masuk ke RDN, jadinya ya belum bisa ditarik. Kalo dari case ente, yg bisa ditarik hanya 1,4 (nominal cash)

      Delete
  65. Itu berarti ada harus menjual saham dulu ya, 1,4 itu ga bisa lgsung ditarik dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw makacih banget quick response. Semoga ga bosan untuk diskusi lebih lanjut.

      Delete
    2. Intinya, berapa nominal yg tertulis di cash itulah yg bisa ditarik. Oh iya, setau gw penarikan hanya bisa dilakukan pada hari kerja/jam kerja ya. Kalo di luar itu, otomatis rejected.

      Delete
    3. Sorry saya koreksi sedikit. Jika Cash > Limit (mekanisme beli belum masuk T+2), maka yg bisa ditarik adalah nominal Limit. Jika Cash < Limit (mekanisme jual belum masuk T+2), maka yg bisa ditarik adalah nominal Cash.

      Delete
    4. mANTUUL. Makasih banyak gan pencerahannya

      Delete
  66. Saya sudah datfar dan dapat olt tp blm dapat id dan password

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih belum dapat, silakan email ke CS BNI Sekuritas gan

      Delete
  67. Maaf mau tanya, kalau mau transfer dana ke RDN apa harus menggunakan mobile banking BNI? Kalau transfernya pakai ATM BNI bisa pa gak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lewat ATM kok. Intinya, caranya sama aja kyk transfer ke rek BNI

      Delete
  68. Mf mau nanya nii..ak kan nasabah BNI,,mau buka rek. Saham di sekuritas scara online tpi ak gk punya NPWP nii,,boleh gk bozz ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin dulu ae gan. Kalo nggak, coba aja pake NPWP suami/istri/ortu

      Delete
  69. Bantu pencerahan nya bozzz..
    Ak nasabah BNI,,ak mau buka Rek. Saham di sekuritas secara online nii bang tpi ak gk punya NPWP nii,,kira boleh gak bozz buka rek. Saham scra online tpi gk punya NPWP..??

    ReplyDelete
  70. mas mau tanya, saya punya cash Rp. 40.449, barusan sell saham dapat Rp. 104.276.
    kok cash saya nggak bertambah jadi Rp. 40.449 + Rp. 104.276 ya?
    saya rencana mau withdraw segitu tp yg bisa di withdraw tyt cuman Rp. 40.449, belum pernah withdraw sebelumnya soalnya.
    mohon petunjuknya suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pahami dulu mekanisme T+2 gan. Ane udah jelasin di tulisan & di kolom komentar

      Delete
  71. Kak mau nanya, jika d cash it ada 500.000, qt mau tarik, it sama aja qt jual saham kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak lah. Jual saham itu di menu Trading. Kalo cuma tarik uang ya namanya withdraw dari cash. Nggak akan berpengaruh pada portofolio saham

      Delete
  72. daftar pakai bni pandai bisa gk gan?

    ReplyDelete
  73. bisa g daftar online di BNIS bagi yg BELUM punya NPWP?

    ReplyDelete
  74. bisa g datra online di BNIS bagi yg BELUM punya NPWP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw gak bisa ya. CMIIW. Coba pakai nama orang lain yg punya NPWP (ortu, dll) aja

      Delete
  75. Bang ga pny group, invite sy donk

    ReplyDelete
  76. Bang menganti bank account dari bni digangi menjadi bri bagaimna caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw kurang tahu kalo ganti rekening beda bank bisa apa nggak. Tapi coba aja kontak CS. Nanti dikasih form penggantian rekening

      Delete

Powered by Blogger.