Membaca Balance of Payment (Neraca Pembayaran)


Balance of Payment (Neraca Pembayaran) yaitu catatan seluruh transaksi moneter dan ekonomi antara suatu negara dengan seluruh negara di dunia pada periode waktu tertentu (kuartalan atau tahunan). Karena mencatat transaksi antara suatu negara dan luar negeri, BoP dapat berfungsi untuk memonitor aliran uang di suatu negara, apakah uang di negara tersebut lebih banyak yang masuk (inflow) atau keluar (outflow). 

Ada 3 komponen utama pada Neraca Pembayaran, antara lain:
1. CURRENT ACCOUNT (Neraca Transaksi Berjalan)
merupakan akun yang mencatat transaksi perdagangan barang (ekspor-impor), jasa, dan aliran income. 
Dalam current account, ada 4 komponen utama, antara lain:
a. Transaksi Barang
akun yang mencatat segala transaksi barang yang diekspor/diimpor ke dan dari luar negeri. Dibedakan menjadi, barang migas dan barang non-migas.

b. Transaksi Jasa
mencatat segala transaksi jasa dari dan ke luar negeri. Misal: pariwisata, telekomunikasi, biaya intellectual property, penerbangan, konstruksi, maintenance, dll.
Kombinasi antara neraca transaksi barang dan transaksi jasa disebut Neraca Perdagangan.

c. Primary Income (Pendapatan Primer)
merupakan akun yang mencatat pendapatan atas kegiatan ekonomi/investasi yang masuk dari luar negeri atau ke luar negeri. Contoh: pendapatan tenaga kerja, bunga utang/obligasi, dividen perusahaan asing (repatriasi), capital gain saham, dll.

d. Secondary Income (Pendapatan Sekunder)
merupakan akun yang mencatat pendapatan yang masuk dari luar negeri/keluar negeri tapi tidak dimaksudkan untuk mendapatkan profit. Contoh: income TKI yang ditransfer ke keluarga di Indonesia, dana hibah, dll.

Current Account bisa defisit apabila terjadi kondisi:
1. Impor barang dan jasa > Ekspor barang & jasa (Defisit neraca perdagangan), dan/atau
2. Income yang ke luar negeri > income yang masuk ke dalam negeri (Contoh: dividen perusahaan asing yang besar, bayar bunga utang luar negeri yang besar, dll)

2. CAPITAL ACCOUNT
merupakan akun yang mencatat transaksi keuangan yang tidak mempengaruhi income, dan produksi suatu negara. Contoh: pembelian hak paten, hak cipta antar negara, dll. 

3. FINANCIAL ACCOUNT
Merupakan akun yang mencatat perubahan kepemilikan aset domestik ke asing atau kepemilikan aset luar negeri ke lokal. Inilah akun yang menyatakan seberapa besar modal asing yang keluar atau masuk dari suatu negara. Ada 2 komponen utama di financial account, yaitu:
a. Direct Investment, investasi secara langsung dgn tujuan menjadi "pengendali" bisnis. Misalkan pendirian perusahaan asing melalui skema PMA (Penanaman Modal Asing).
b. Portfolio Investment, investasi yang tidak ditujukan untuk menjadi pengendali. Investasi ini seringkali bersifat hot money (easy come, easy go). Contohnya: investasi asing di SBN (Surat Berharga Negara, di pasar saham (Bursa Efek Indonesia).

Overall Balance of Payment:
BoP = Current Account + (Capital Account+Financial Account) + Error & Omission

No comments:

Powered by Blogger.