Pengalaman Menabung Emas di Indogold (Cara Daftar, Beli, Jual, Cetak Emas)

Hallo, Gan. Kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman menabung emas di Indogold. Saya akan share cara daftar akun Indogold, beli, jual, dan cetak emas. Sebelum itu, teman-teman bisa membaca analisis fundamental saya tentang emas pada tulisan Analisis Fundamental Emas berikut. Jika teman-teman akhirnya memutuskan untuk berinvestasi emas, maka silakan lanjut membaca tulisan di bawah. Check this out!!

Tentang Indogold

IndoGold merupakan salah satu platform jual-beli emas secara online. Indogold diawali dari usaha keluarga yang bergerak di bidang jual beli emas logam mulia bersertifikasi PT. Antam semenjak tahun 1978. Produk yang ditawarkan adalah jual beli emas LM UBS dan LM Antam. Mulai tahun 2018, IndoGold memperoleh izin gadai dari OJK dengan nomor KEP - 50/NB.1/2018. Dengan izin ini IndoGold mampu memberikan fasilitas gadai, cicilan dan jual beli emas dengan fasilitas titipan. Selain izin gadai, bertepatan tanggal 1 April 2019 lalu Indogold telah resmi tercatat di OJK Inovasi Keuangan Digital (OJK Infinity) dengan nomer S-102/MS.72/2019. IndoGold masuk klaster online gold depository. Online gold depository adalah aplikasi fintech jual-beli emas dengan fasilitas titipan. Per Februari 2019, Indogold memiliki 600.000 pengguna. Jumlah tersebut adalah gabungan dari pengguna platform Indogold dan pengguna yang jual-beli emas via e-commerce rekanannya. Apakah Indogold penipuan? Dari melihat berbagai izin yang telah diperoleh, history, dan banyaknya pengguna, jelas bahwa Indogold tidak tipu-tipu. Indogold bisa dibilang platform resmi dan cukup terpercaya untuk jual-beli emas online.

Kelebihan-Kekurangan Indogold

Kelebihan:
1) Minimal pembelian emas yang kecil (minimum Rp 10.000,-).
Investor bisa membeli emas dengan nominal yang sangat kecil, minimum 10 ribu rupiah.
2) Aplikasi yang user friendly
Aplikasi Indogold termasuk aplikasi yang user friendly, mudah digunakan.
3) Menjadi partner beberapa e-commerce
Emas yang diperjualbelikan di beberapa e-commerce seperti: Tokopedia, Bukalapak, ternyata bekerjasama dengan Indogold. Jika e-commerce besar saja menjadikan Indogold partner, artinya Indogold merupakan platform terpercaya.
4) Layanan Jual-Beli Emas 24/7
Investor bisa berinvestasi kapanpun karena Indogold melayani jual beli emas 24 jam setiap hari.

Kekurangan:
1) Metode pembayaran yang masih terbatas
Metode pembayaran di Indogold bisa dibilang masih cukup terbatas. Metode yang bebas biaya administrasi pun hanya 2, yaitu melalui Kaspro dan Transfer Bank BCA.
2) Spread jual-beli yang relatif besar
Spread jual-beli emas di Indogold relatif besar sekitar 3-10%.

Cara Beli Emas

1. Klik "Beli Emas" pada Tampilan Utama Aplikasi Indogold
Klik "Beli Emas"
2. Input jumlah emas yang ingin dibeli atau nominal pembelian
Input jumlah emas atau nominal pembelian emas
Kamu bisa memasukkan jumlah emas yang dibeli atau nominal pembelian dalam bentuk rupiah, nanti otomatis akan dikonversi dalam emas berdasarkan harga jual saat ini.

3. Pilih Metode Pembayaran
Pilih Metode Pembayaran
Pilihan Metode Pembayaran
Saat ini tersedia beberapa metode pembayaran pada Indogold, antara lain: Kaspro, Transfer Bank BCA, Mandiri Bill Payment, Permata Virtual Account, BNI Virtual Account, Gopay, dan OVO. Semua metode pembayaran ini dikenakan biaya administrasi (convenience fee) yang beragam, kecuali pembayaran lewat Kaspro dan Transfer Bank BCA. Jadi, jika ingin bebas transfer gunakanlah metode pembayaran lewat Kaspro dan Transfer Bank BCA.

4. Masukkan PIN
Masukkan PIN untuk konfirmasi pembelian

5. Selesaikan Pembayaran
Selesaikan Pembayaran sesuai dengan instruksi
Selesaikan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang telah dipilih. Jika sudah menyelesaikan pembayaran tunggulah beberapa saat. Sistem di Indogold ini otomatis, jadi anda hanya tinggal menunggu sistem mengkonfirmasi. Jika anda mendapatkan email seperti di bawah, maka artinya proses pembelian emas di Indogold sudah berhasil.
E-mail konfirmasi pembelian emas telah berhasil

Cara Jual Emas

1. Klik "Jual Emas" pada Tampilan Utama Aplikasi Indogold
Klik "Jual Emas"
2. Masukkan jumlah emas yang akan dijual
Masukkan jumlah emas yang ingin dijual
Minimal penjualan emas di platform Indogold adalah setara dengan 10 ribu rupiah.

3. Pilih metode pembayaran untuk penjualan saldo emas
Pilih metode pembayaran
Ada 2 metode pembayaran untuk menerima uang hasil penjualan emas di Indogold yaitu Kaspro dan Rekening Bank. Karena saya belum membuat akun Kaspro, saya memilih metode Rekening Bank untuk menerima uang.

4. Konfirmasi metode pembayaran
Konfirmasi Rekening
Cek lagi untuk memastikan bahwa nomer rekening sudah benar dan sesuai. Jika sudah sesuai, klik "LANJUTKAN".

5. Masukkan PIN
Masukkan PIN yang telah dibuat
6. Email Konfirmasi Penjualan Emas sedang diproses
E-mail konfirmasi penjualan emas
Jika tahap 1-5 sudah dilakukan, maka harusnya ada email konfirmasi bahwa penjualan emas sedang diproses. Karena saya menggunakan metode transfer bank, sepertinya proses pencairan uang akan memakan waktu beberapa hari sesuai dengan keterangan di aplikasi (3-5 hari kerja). Kita tinggal menunggu uang masuk rekening saja.

6. E-mail Pencairan Uang berhasil dilakukan
 
Saya mengira awalnya uang akan cair dalam beberapa hari kerja (3-5 hari kerja). Ternyata, selang tak berapa lama sekitar 20 menit, ada e-mail bahwa uang sudah ditransfer ke rekening saya. Di waktu yang bersamaan, saya juga dapat e-mail dari BTPN Jenius bahwa ada deposit ke rekening saya senilai penjualan emas. Artinya, proses penjualan saldo emas Indogold telah berhasil.

2 comments:

Powered by Blogger.