AKSes KSEI, Tempat Cek Portofolio Investasi

Kamu berinvestasi di saham, reksadana, obligasi sekaligus? Punya akun investasi di beberapa broker sekuritas atau platform? Jika iya, kini kamu tidak perlu repot-repot mengecek satu persatu platform-platform tersebut untuk memantau portofolio investasimu. Sekarang, ada AKSes KSEI lho. Apa itu AKSes KSEI? Untuk mengetahui apa itu AKSes KSEI, simak tulisan berikut. Pada tulisan ini, selain membahas AKSes KSEI, saya juga akan membahas beberapa istilah lain yang patut dipahami oleh investor. Check this out!!

1. SID (Single Investor Identification) atau Nomor Tunggal Identitas pemodal adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) yang digunakan nasabah, pemodal, dan/atau pihak lain untuk melakukan kegiatan terkait transaksi efek dan menggunakan layanan jasa lainnya baik yang disediakan oleh KSEI maupun oleh pihak lain berdasarkan persetujuan KSEI atau peraturan yang berlaku. Simpelnya, SID adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan)-nya investor. Dalam berinvestasi di pasar efek, seorang investor memiliki ID yang berbeda dengan investor lainnya atau bersifat unik. 1 investor = 1 SID. Oleh karena itu, walau investor berinvestasi di berbagai platform atau produk, datanya akan tetap tercatat sebagai satu orang saja. Untuk mengetahui SID, bisa mengecek di platform tempat anda berinvestasi. Kalau jaman dulu, ada semacam kartu fisik AKSes KSEI yang bertuliskan SID. Karena kartu fisik AKSes KSEI tidak dicetak lagi, kita bisa mengetahui SID di AKSes KSEI (web atau apps).

kartu digital AKSes KSEI
Kartu Digital AKSes KSEI di apps

2. Sub Rekening Efek adalah Rekening Efek atas nama nasabah yang tercatat dalam Rekening Efek atas nama Partisipan di KSEI. Simpelnya, Sub Rek efek adalah rekening yang menampung aset efek investor, seperti: reksadana, obligasi, saham, dll. Setiap investor bisa memiliki sub rek efek lebih dari 1. Biasanya, satu platform/broker investasi akan membuatkan satu sub rek efek.

3. AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) KSEI merupakan merupakan fasilitas yang disediakan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) untuk memberikan kemudahan bagi investor dalam memonitor portofolio investasi miliknya yang tersebar baik di Perusahaan Efek, Manajer Investasi, Agen Penjual Reksa Dana maupun Bank Kustodian. Jadi, kita bisa mengecek seluruh mutasi, sekuritas (saham, obligasi, reksadana, dll) yang sedang dimiliki di sub rekening efek melalui AKSes KSEI, saldo investasi, laporan transaksi, bahkan informasi-informasi dan edukasi seputar pasar modal (corporate action, dll) lewat AKSes KSEI.

Manfaat AKSes KSEI:

  • Investor dapat mengakses secara real time data kepemilikan Efek serta mutasinya dalam Sub Rekening Efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir.
  • Memberikan kemudahan investor untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya yang tersebar di beberapa Perusahaan Efek atau Bank Kustodian.
  • Menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh investor itu sendiri.
  • Memberikan manfaat tambahan informasi yang diinginkan investor secara transparan di pasar modal Indonesia.

Berikut cara mendaftar atau aktivasi AKSes KSEI:

1. Pastikan bahwa kamu sudah pernah berinvestasi di pasar efek (bisa produk saham, reksadana atau obligasi)

2. Buka laman berikut untuk aktivasi AKSes KSEI: https://akses.ksei.co.id/register


Jika kamu merupakan investor ritel Indonesia maka pilih "INDIVIDU LOKAL".

3. Isi data seperti: Nama Lengkap, NIK, Nomor HP, dan E-mail


4. Konfirmasi pendaftaran dengan klik "Aktivasi"


5. Verifikasi akun  & Membuat Password

Verifikasi akun dengan klik link aktivasi yang dikirim melalui e-mail. Setelah itu, buat lah password AKSes KSEI. Jika langkah 1-5 diikuti dengan benar, seharusnya akun AKSes KSEI sudah jadi dan siap digunakan. Untuk login, silakan input e-mail dan password. Ada beberapa menu utama pada AKSes KSEI, antara lain: Saldo Portofolio, Mutasi, Aksi Korporasi, Info Perdagangan, Info Penyelesaian, dan Laporan. Selamat memanfaatkan AKSes KSEI ya, Gan!!

Contoh Portofolio Investasi di AKSes KSEI

No comments:

Powered by Blogger.