Pengalaman Membuka Rekening Bank Mandiri TabunganMU (Tabungan Mitra Usaha)

Hallo, Gan. Kali ini saya ingin sharing pengalaman saat membuka rekening Bank Mandiri. Sebenarnya saya sudah memiliki beberapa rekening dari berbagai bank untuk keperluan berbeda. Saya juga memiliki rekening mandiri jenis TabunganKu. Tapi, karena fiturnya yang terbatas dan waktu itu ada keperluan yang mengharuskan membuka rekening di bank Mandiri yang punya full fitur, ya akhirnya saya membuat rekening bank Mandiri baru. Punya rekening bank di beberapa bank tentunya cukup menguras dompet dari segi biaya administrasinya ya. Oleh karena itu, saya berupaya menghemat pengeluaran biaya admin dengan membuat rekening bank mandiri yang low cost (biaya admin kecil).

Sebelum pergi ke kantor cabang, saya browsing dulu tentang produk tabungan bank mandiri yang biaya administrasinya kecil. Kesimpulannya, bagi masyarakat biasa (bukan wirausaha) saat ini ada 2 produk tabungan bank mandiri yang biaya administrasinya kecil, yaitu TabunganKu dan TabunganMU. Saya sudah punya rekening jenis TabunganKu. Rekening jenis TabunganKu ini memang bebas biaya administrasi bulanan, tetapi banyak sekali kekurangannya seperti: tidak bisa transfer antar bank, limit transaksi sangat kecil, tidak ada fitur mobile banking, dll. Sementara produk kedua yaitu rekening jenis TabunganMU (Tabungan Mitra Usaha) relatif punya keunggulan yang lebih banyak. Berikut keunggulan dan tarif produk TabunganMU:

Keunggulan:
- Ada fitur transfer antar bank
- Ada fitur mobile banking, SMS Banking, internet banking
Mendapatkan kartu Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM atau kartu debit
Merupakan tabungan dengan biaya admin kecil dan setoran awal yang ringan
Pembukaan, penyetoran maupun penarikan tabungan mitra usaha (tabunganMU) dapat dilakukan di semua Cabang Bank Mandiri maupun di unit Mandiri Mitra Usaha

Tarif:
- Setoran Awal = Rp 100.000
- Saldo ditahan = Rp 50.000
- Biaya administrasi rekening = Rp 1.500 (jika saldo akhir bulan > Rp 1.000.000), Rp 6.500 (jika saldo akhir bulan < Rp 1.000.000)
- Biaya administrasi kartu debit = Rp 1.000
- Biaya penggantian buku tabungan karena hilang = Rp 15.000
- Biaya penggantian buku tabungan karena rusak = Rp 5.000

Setelah memahami keunggulan dan tarif yang berlaku pada rekening TabunganMU, saya memutuskan untuk membuat rekening TabunganMU. Saya mencari-cari apa saja syarat dalam membuat rekening TabunganMU. Syarat yang perlu dilengkapi untuk membuat rekening TabunganMU antara lain:
1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
2. NPWP
3. Apabila KTP luar domisili, maka wajib membawa Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Domisili

Setelah melengkapi persyaratan, saya pun pergi ke Kantor Cabang Mandiri di Rumbai (Pekanbaru). Sesampainya disana, saya bertanya terlebih dahulu apakah bisa membuat rekening TabunganMU di cabang tersebut. Ternyata di cabang tersebut melayani pembuatan rekening TabunganMU. Lalu, saya diarahkan untuk mengambil antrian dan mengisi formulir pembuatan rekening baru. Sambil mengantri, saya melengkapi formulir. Setelah itu, nomor antrian saya dipanggil oleh customer service. Di customer service, saya menyerahkan persyaratan (KTP, NPWP, Surat Keterangan Kerja) yang diminta. Kemudian, saya menyetor uang Rp 100.000 sebagai setoran awal (minimal). Tak menunggu waktu lama, Buku Tabungan dan Kartu Debit saya pun jadi.

Kartu ATM dan Buku Tabungan

Setelah Kartu ATM dan Buku Tabungan jadi, saya meminta CS untuk membantu saya dalam pembuatan mobile banking Mandiri (Mandiri Online). Saya dibantu untuk mengaktifkan SMS finansial dan membuat M-PIN. Untuk melakukan pendaftaran Mandiri Online, nomor yang didaftarkan harus berisi pulsa karena akan ada SMS yang masuk untuk memverifikasi nomor kita. Bagi pengguna HP dengan Dual SIM Card, pastikan Nasabah memasang sim cardnya pada Slot 1. Setelah memiliki M-PIN, saya bisa  mengaktifkan akun mobile banking sendiri melalui aplikasi Mandiri Online. Saya pun pulang ke rumah dengan membawa buku Tabungan, kartu debit dan Mandiri Online yang sudah aktif. Saya tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk pembuatan rekening TabunganMU. Hanya menyetor Rp 100.000 saja sebagai setoran awal. Terima kasih untuk CS yang telah membantu.

Semoga cerita pengalaman ini bermanfaat ya!!!

No comments:

Powered by Blogger.