Pengalaman Buka Deposito Bank Mandiri via Apps Livin' by Mandiri

Hallo, Juragan. Jumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya membuka deposito Bank Mandiri melalui aplikasi mobile banking milik Bank Mandiri yaitu Livin'. Ini sebenarnya bukan pengalaman pertama saya berinvestasi di deposito. Saya sudah beberapa kali buka deposito di beberapa bank, seperti: BNI, BSI, Jenius, dll. Saya memang punya banyak rekening. Ini bukan bermaksud agar bisa dipamer-pamerin ya, tapi lebih ke alasan keamanan dan tujuan keuangan. Kembali ke topik deposito, tiap bank tentunya memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang bunga kecil, ada yang jika terminate di tengah kena penalty, ada yang fleksibel banget, dll. Suatu hari, karena ada uang nganggur, saya memutuskan untuk buka deposito mandiri. Ternyata, memang sangat gampang prosesnya. Check this out!!

Mandiri Deposito merupakan produk simpanan berjangka yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Deposito sendiri definisinya yaitu produk bank sejenis tabungan, dimana uang yang disetorkan dalam deposito berjangka tidak boleh ditarik nasabah dan baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya. Deposito ini adalah salah satu produk bank yang dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) asalkan setoran awal masih di bawah 2 milliar Rupiah.


Persyaratan membuka Mandiri Deposito antara lain:

-Memiliki rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
-Memiliki KTP & NPWP.
-Minimum penempatan deposito:
     Pembukaan melalui kantor cabang : Rp10.000.000,-
     Pembukaan melalui e-Banking (Mandiri Online) : Rp1.000.000.-.
-Biaya meterai pada saat pembukaan dan pencairan deposito sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Per 12 Maret 2022, untuk pembukaan melalui e-Banking (Mandiri Online) tidak memerlukan materai)
-Bunga dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku. (Pajak deposito = 20%)


Fitur Mandiri Deposito:

-Pembukaan Mandiri Deposito dapat dilakukan melalui cabang dan Livin’ by Mandiri
-Anda dapat memilih metode perpanjangan. Bisa pilih untuk menginvestasikan kembali bunga Mandiri Deposito ke pokok deposito (ARO) atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan atau setoran awal langsung dikembalikan ke rekening setelah tenor berakhir
-Khusus deposito yang dibuka melalui Livin’ by Mandiri, maka pencairan dan pembatalan deposito otomatis/ARO dapat dilakukan secara online
-Memiliki fleksibilitas tinggi dengan berbagai pilihan jangka waktu: 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Khusus Mandiri Deposito yang dibuka via Livin’ by Mandiri memiliki pilihan jangka waktu 1 dan 3 bulan
-Bunga Mandiri Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang ingin ditempatkan pada Mandiri Deposito Rupiah. Khusus Deposito dengan bunga di bayar di muka hanya dapat dibuka melalui Cabang
-Dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account AND & OR) serta QQ (Qualitate Qua)
-Membuka deposito secara online tidak mendapatkan bilyet deposito


Biaya & Benefir Mandiri Deposito Rupiah:

-Suku Bunga = 2.25%/tahun (per 12 Maret 2022). Suku bunga akan mengikuti suku bunga BI.
-Tidak dipungut biaya untuk proses pembukaan dan pencairan sesuai kontrak
-Pajak bunga = 20%
-Penalty untuk terminasi/mencairkan deposito sebelum waktunya = 0.5% dari total deposito

Baca juga: Pengalaman Membuka Rekening Bank Mandiri TabunganMU


Berikut langkah-langkah membuka Deposito di Bank Mandiri dengan mudah via Livin':

1. Login ke aplikasi Livin' Mandiri. Saya pakai Livin' yang kuning.

2. Pastikan anda memiliki saldo yang cukup. Setoran awal minimal untuk membuka deposito lewat Livin adalah Rp 1.000.000,-.

3. Masuk ke menu Deposito dengan memilih "Buka Deposito" pada Menu "Buka Produk Keuangan Lainnya"

Deposito Mandiri Livin
Pilih "Buka Deposito"

4. Silakan pilih jenis Mata Uang Deposito. Saat ini tersedia 2 pilihan yaitu deposito Rupiah dan Deposito USD. Karena saya hanya punya rekening Rupiah, saya pun memilih Deposito Rupiah.

Deposito Mandiri Livin'
Pilih jenis mata uang, lalu Klik "Buka Deposito Sekarang"

5. Bacalah syarat dan ketentuan dengan seksama. Jika sudah setuju dengan S&K, klik "Saya setuju".

Mandiri Livin
Baca Syarat & Ketentuan dengan hati-hati
6. Atur nominal penempatan deposito, pilih jangka waktu dan pilih rekening sumber. Jika nominal besar, saya memakai metode bagi-bagi. Karena pajak deposito final, maka saya lebih memilih punya beberapa deposito dengan nominal sedang daripada 1 deposito dengan nominal besar. Misal, saya mau investasi deposito 50 juta, saya mending buka 5 deposito dengan nominal masing-masing 10jt daripada buka 1 deposito dengan nominal 50jt. In case, tiba-tiba kita perlu mencairkan karena ada kebutuhan mendadak, kita tidak perlu mencairkan semuanya, hanya tinggal mencairkan sesuai kebutuhan.

Livin Mandiri
Pilih nominal investasi, pilih jangka waktu dan pilih rekening sumber
7. Pilih Metode Perpanjangan. Ada 3 metode perpanjangan deposito yang tersedia saat ini yaitu:
-ARO (Automatic Roll Over) Saldo atau Perpanjang Setoran Awal. Artinya, hanya setoran awal yang akan diperpanjang otomatis saat tenor berakhir.
-ARO (Automatic Roll Over) Saldo + Interest atau Perpanjang Setoran Awal dan Bunga. Artinya, setoran awal dan bunga akan diperpanjang otomatis saat tenor berakhir.
-Tidak diperpanjang. Artinya, setoran awal dan bunga deposito akan dikembalikan ke rekening sumber saat tenor berakhir.

Saya pilih "Tidak diperpanjang" karena saya ada rencana memakai uang ini dalam beberapa bulan ke depan, jadi lebih pilih tidak melakukan ARO untuk menghindari penalti.

Mandiri Livin
Pilih Metode Perpanjangan

8. Konfirmasi Pembukaan Deposito Mandiri. Setelah klik, konfirmasi harusnya akan ada email bahwa pembukaan deposito telah berhasil.

Livin Deposito Mandiri
Konfirmasi dengan klik "Buka Deposito"
9. Deposito yang telah berhasil dibuka dapat dilihat di halaman utama seperti tampak pada gambar di bawah. Saya langsung membuka 3 rekening deposito.

Deposito Mandiri
Deposito yang telah berhasil, tampil di halaman utama

Bagaimana, juragan? Gampang kan buka deposito mandiri via Livin'? Yang punya uang nganggur atau emergency fund di Bank Mandiri, boleh dicoba buka deposito online ya. Selamat berinvestasi!!

SHARE
Newest Older

Related Posts

Post a Comment